Danau Toba Cetak Sejarah Event Internasional di Kejuaran Dunia F1 Powerboat

  • Bagikan
Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2023 yang berlangsung di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatra Utara, Minggu, (26/2/2023). doc/istimewa

MEDAN – Danau Toba mencetak sejarah pada event internasional yang menjadi lokasi putaran pembuka Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2023 yang berlangsung di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatra Utara, Minggu, (26/2/2023).

Kejuaraan Dunia F1H2O merupakan seri internasional unggulan dari perahu balap dengan satu kursi yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM). F1H2O diikuti 10 tim dengan 20 pembalap.

Dalam satu musim kejuaraan dilaksanakan delapan seri balap, dengan seri pertama tahun 2023 digelar di Danau Toba, Indonesia. Setelah Indonesia, seri selanjutnya akan digelar di China.

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2023 yang berlangsung di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatra Utara, Minggu, (26/2/2023). doc/istimewa
Presiden Jokowi hadiri balapan F1 Powerboat di Danau Toba, Minggu (26/2/2023). doc/Biro Pers Sekretariat Presiden

Kejuaraan Dunia F1H2O dihadiri langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi mengapresiasi ajang internasional ini menurutnya sangat seru.

“Saya bicara apa adanya ya. Ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat, dan kita harapkan event-event internasional bisa membangun brand setiap daerah, disini di Danau Toba ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike,” kata Jokowi melalui kanal YouTube Setpres, Minggu (26/2).

Presiden Jokowi berharap balapan F1 Powerboat ini bisa memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan Danau Toba. Menurutnya, ke depan akan muncul pembangunan hotel hingga restoran di kawasan tersebut.

Presiden Jokowi hadiri balapan F1 Powerboat di Danau Toba, Minggu (26/2/2023). doc/Biro Pers Sekretariat Presiden

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan keinginannya membawa ajang Formula 1 ke Indonesia. Saat ini pemerintah masih dalam tahap penjajakan untuk membawa F1 ke Indonesia.

“Ya semua kita jajaki, karena akan membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat. Ini juga tidak mudah. Kita juga ingin menarik Formula 1 untuk masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan. Ini baru penjajakan, baru menyiapkan tim untuk menuju kesana,” ujar Presiden Jokowi.

Hadir dalam event Kejuaraan Dunia F1H2O, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, hadir Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Duta Besar Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Daheri.[]

  • Bagikan