Geger! Bio Solar Tumpah dari Kapal di Pesisir Pantai Lhokseumawe

  • Bagikan

LHOKSEUMAWE – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bio solar tumpah di laut kawasan pesisir Pantai Hagu, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Minggu (25/4/2022).

Informasi yang dihimpun Minggu pagi sedang berlangsungnya pembongkaran bbm bio solar dari Kapal. Katup pipa kapal pengangkut minyak yang bersandar di Pelabuhan Depot Pertamina, Kota Lhokseumawe bocor, mencemari laut setempat.

Warga pun mulai mencium aroma bio solar, semakin lama pun semakin menyegat.

Hingga tim Pertamina pun berupaya melokalisir tumpahan solar, agar tidak menyebar.

Kepala Depot Pertamina Lhokseumawe Feri Safarudin mengatakan, pihak sedang melokalisir area yang tercecer solar di perairan pesisir pantai.

Tumpahan bio solar terjadi setelah selesainya proses pembongkaran dari kapal pengangkut ke Depot Pertamina. “Hasil penyelidikan awal, bio solar tumpah dari pulp kapal,” katanya.

Tim sudah kita kerahkan untuk mengecek penyebab terjadinya kebocoran minyak pada kapal pengangkut tersebut.

Dugaan, kebocoran tersebut terjadi akibat katup yang mengalirkan minyak tidak bekerja secara optimal, sehingga mengakibatkan sebagian kargo kapal lepas ke laut.

“Kami juga sudah memberikan garis polisi di lokasi kebocoran agar warga tidak masuk ke lokasi tersebut karena berbahaya bagi masyarakat dan juga ekosistem laut,” kata Feri Safarudin. []

  • Bagikan