Kadis PK Aceh Utara Minta Kepsek Lakukan Inovasi untuk Siswa Program Ramadan

  • Bagikan
Zikir bersama saat menjelang Ramadan di SD Negeri 2 Langkahan, Aceh Utara, Senin, 20 Maret 2023. Foto: Ist
Zikir bersama saat menjelang Ramadan di SD Negeri 2 Langkahan, Aceh Utara, Senin, 20 Maret 2023. Foto: Ist

ACEH UTARA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Aceh Utara, telah mengadakan zikir bersama siswa di SD Negeri 2 Langkahan mengawali memasuki bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, Senin, 20 Maret 2023.

Zikir itu diikuti semua para siswa SD dan SMP yang ada di Kecamatan Langkahan, yang dipimpin Pimpinan Zikir Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara, Tgk. Zulkarnaini Ismail. Sejumlah tokoh masyarakat juga ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Kepala Dinas PK Aceh Utara, Jamaluddin, mengatakan, program Ramadan untuk sekolah-sekolah khususnya jenjang TK, SD dan SMP sesuai dengan edaran yang sudah disampaikan kepada para kepala sekolah bahwa di awal Ramadan siswa libur satu pekan, kemudian pekan kedua dan ketiga aktif kembali untuk belajar sebagaimana hari biasanya. Nanti menjelang Idul Fitri itu diliburkan lagi satu pekan dan sudah sesuai dengan kalender pendidikan. Namun, jam belajar selama bulan suci ini diperpendek dari 45 menit menjadi 35 menit.

“Kita berharap bulan puasa ini sekolah-sekolah aktif dalam kegiatan Ramadan dan melahirkan inovasi-inovasi baru. Kita lebih fokus setidaknya para siswa bisa memahami nilai-nilai fiqih atau ibadah lainnya. Maka kami tingkatkan ini dan bagian daripada pembentukan karakter siswa, kita menginginkan cerdas berkarakter,” kata Jamaluddin, kepada wartawan, Kamis, 23 Maret 2023.

Jamaluddin menambahkan, pihaknya juga meminta kepada para guru untuk aktif membimbing siswa, dan mendampingi mereka selama bulan Ramadan. Intinya, kegiatan pembelajaran itu tetap sebagaimana biasanya.

“Harapan kita kepada para kepala sekolah untuk melaporkan ke dinas bahwa inovasi apa yang telah dilakukan selama kegiatan Ramadhan di setiap sekolah. Itu perlu disampaikan kepada kami melalui Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), sehingga nanti kami bisa mengevaluasi mana yang direspons dengan baik. Kita ingin anak-anak di Aceh Utara itu terus berkaya dan berprestasi, tentunya tetap harus semangat belajar meskipun bulan puasa,” ungkap Jamaluddin. [] (red).

 

  • Bagikan