Kapolri Listyo Tunjuk Irjen Wahyu Widada Jadi Kabaintelkam

  • Bagikan
Irjen Pol Wahyu Widada bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. doc/istimewa

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Wahyu Widada sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) menggantikan Komisaris Jenderal Ahmad Dofiri, pada Minggu (26/2/2023) di Jakarta.

Irjen Wahyu Widada sebelumnya menjabat sebagai Asisten SDM Polri. Jenderal bintang dua ini juga tercatat pernah menduduki posisi sebagai Kapolda Aceh (2020). Wahyu Widada akan dipromosikan sebagai Komisaris Jenderal.

Penunjukan Irjen Wahyu Widada sebagai Kabaintelkam Polri itu tertuang dalam surat telegram ST/497/II/KEP./2023ST/498/II/KEP./2023.

Komjen Pol Ahmad Dofiri dimutasi dari Kabaintelkam menjadi Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang memasuki masa pensiun.

As SDM Kapolri ditempati Irjen Dedi Prasetyo yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Humas Mabes Polri. Jabatan Kadiv Humas Brigadir Jenderal Sandi Nugroho yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Pengkajian dan Strategi (Karojianstra) SSDM Polri.

Irjen Pol Wahyu Widada pernah menjadi sosok penting di balik suksesnya Jenderal Listyo Sigit Prabowo melewati proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri tahun 2021 lalu.

Jenderal bintang dua itu dipercaya Sigit sebagai Ketua Tim Naskah untuk fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR RI. Saat itu Irjen Wahyu turut menyusun makalah berjudul ‘Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparasi Berkeadilan’ yang dibacakan Sigit saat fit and proper test. []

  • Bagikan