KPLP dan Tim Gabungan Evakuasi ABK Yunani Meninggal di Perairan Lhokseumawe

  • Bagikan
Tim gabungan mengevakuasi WNA Anak Buah kapal (ABK) MT. Maran Leo berkebangsaan Yunani, Georgios Smyrnioudis (44) meninggal dunia akibat penyakit serangan jantung di perairan Lhokseumawe, Aceh, Kamis malam (23/3/2023). doc/istimewa

Diduga Serangan Jantung, ABK Asal Yunani Meninggal Dunia

LHOKSEUMAWE – Seorang FC Anak Buah kapal (ABK) MT. Maran Leo berkebangsaan Yunani, Georgios Smyrnioudis (44) meninggal dunia akibat penyakit serangan jantung dialaminya.

“Kejadian itu berawal informasi diterima agen kapal PT. PELNI Cabang Lhokseumawe dari Capt.Charalampos Koutoulous MT. Maran Leo tentang satu crew kapal itu butuhkan segera dievakuasi,” kata Humas KSOP Kls IV Lhokseumawe Ibni Ibrahim, Jumat (24/3/2023).

Setelah mendapatkan informasi itu pada Kamis, 24 Maret 2023 sekitar pukul 23.40 WIB. Tim gabungan langsung berangkat menggunakan kapal TB. Krueng Geukueh.

Tim gabungan mengevakuasi WNA Anak Buah kapal (ABK) MT. Maran Leo berkebangsaan Yunani, Georgios Smyrnioudis (44) meninggal dunia akibat penyakit serangan jantung di perairan Lhokseumawe, Aceh, Kamis malam (23/3/2023).doc/istimewa

Setiba dilokasi pukul 00.00 WIB, komandan koordinator dari KPLP Kamaluddin berkoordinasi langsung dengan Nahkoda untuk menyediakan Gangway tangga kapal dan tim berhasil bersandar disamping kapal tangker tersebut. Kemudian, tim langsung menaiki kapal tersebut dan melihat WNA itu sudah tergeletak di ruang makan kapal itu.

Selanjutnya, tim gabungan langsung mengevakuasi WNA dari kapal tersebut dengan diiringi suara sirine sebanyak lima kali sebagai penghormatan terakhir kepada ABK itu.

“Lalu ABK dilakukan pemeriksaan oleh tim KKP Kota Lhoksuemawe dan langsung menuju ke Pelabuhan Krueng Geukueh,” kata Ibni.

Adapun yang terlibat evakuasi ABK itu, KKP Lhokseumawe, Syahbandar/KPLP Lhokseumawe, Perwakilan agen PT. Pelni, Basarnas dan Imigrasi Lhokseumawe dan TNI AL Lanal Lhokseumawe.

Setiba di pelabuhan, ABK itu langsung dinaikkan Ambulance untuk di bawa ke RSUZA Banda Aceh. “Jenazah ABK itu akan diterbangkan ke negara asalnya melalui Banda Aceh,” pungkasnya. []

  • Bagikan