Sebanyak 26.341 KPM di Aceh Utara Terima Bansos Sembako/BPNT

  • Bagikan
Kepala Dinas Sosial P3A Aceh Utara, Fuad Mukhtar, menyalurkan Bansos Sembako/BPNT kepada penerima manfaat. Foto: IST
Kepala Dinas Sosial P3A Aceh Utara, Fuad Mukhtar, menyalurkan Bansos Sembako/BPNT kepada penerima manfaat. Foto: IST

ACEH UTARA– Sebanyak 26.341 keluarga di Kabupaten Aceh Utara mendapatkan Bansos Sembako/BPNT dari Kementerian Sosial. Bantuan tersebut ditandai dengan launching perdana yang dilakukan di Balai Desa Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, Minggu 20 Februari 2022.

Launching perdana itu turut dihadiri Kepala Dinas Sosial P3A Aceh Utara, Fuad Mukhtar, dan Kepala Kantor PT Pos Lhokseumawe, Asmin Daeli, dan bantuan diserahkan secara simbolis. Selain itu, juga hadir Koordinator kabaputen PKH Aceh Utara, Jafriadi, Muspika Tanah Luas, Forum Keuchik Tanah Luas, para Pendamping Sosial PKH, TKSK, Petugas Pos dan KPM penerima bantuan Bansos Sembako/BPNT.

Pada periode I, yaitu Januari-Februari-Maret, penerima bansos Sembako/BPNT menerima bantuan sebesar Ro600 ribu atau Rp200 ribu per bulan. Periode ini khusus Kabupaten Aceh Utara akan disalurkan untuk 26.341 keluarga penerima manfaat (KPM), yang merupakan keluarga miskin peserta Program Bansos Sembako/BPNT pada Kemensos.

Koordinator Program PKH Aceh Utara, Jafriadi, mengatakan, bantuan tersebut diberikan untuk jatah tiga bulan, yaitu Januari, Februari dan Maret. Sehingga setiap KPM mendapatkan Rp600 ribu.

Kepala Dinas Sosial P3A Aceh Utara, Fuad Mukhtar, menyampaikan, penyaluran Bansos Sembako/BPNT yang sebelumnya dilakukan Himpunan Bank Negara (HIMBARA) Bank BSI. Namun, kini dilakukan pihak PT Pos Indonesia berdasarkan Keputusan Kementerian Sosial RI.

“Kementerian Sosial RI telah mengalihkan penyaluran Bansos BPNT melalui PT Pos supaya Bansos bisa diterima lebih cepat oleh masyarakat, guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Apalagi saat ini varian baru Covid-19 yaitu Omicron mulai merebak di Indonesia, jadi masyarakat yang miskin dapat terbantu,” ujarnya.

Fuad menambahkan, Bansos itu merupakan program dari Kemensos yang ditujukan untuk 26.341 keluarga penerima manfaat yang ada di Aceh Utara. Pihak petugas Pos menyalurkan langsung uang tunai tersebut kepada para KPM dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Kita berharap agar penyaluran uang tunai Bansos Sembako/BPNT itu dapat diterima tepat waktu oleh para keluarga KPM, dan meminta para petugas pendamping dapat memantau penyaluran di gampong-gampong. Ini sangat membantu para keluarga KPM, apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini,” kata Fuad Mukhtar.

Namun, sebut Fuad, KPM Sembako/BPNT yang belum diundang pihak PT Pos untuk mengambil bantuan pada periode ini, mohon bersabar karena akan ada penetapan periode lanjutan dalam waktu dekat oleh Kemensos.

“Insya Allah, jumlah penerima Sembako/BPNT yg disalurkan PT Pos Indonesia sama dengan jumlah penerima Sembako/BPNT di BSI,” ucap Fuad Mukhtar. []

 

  • Bagikan