Hari Ke 6 Daftar Calon Panwaslih Zona II Aceh, Pendaftar Perempuan Masih Minim

  • Bagikan
Ketua Tim Seleksi Aceh Zona II Hadi Iskandar bersama Anggota menerima berkas pendaftaran bakal calon anggota Panwaslih Kabupaten/Kota masih berlangsung sampai 7 Juni 2023.

LHOKSEUMAWE – Pendaftaran bakal calon anggota Panwaslih Kabupaten/Kota masih berlangsung sampai 7 Juni mendatang.

“Hingga 3 Juni 2023, pendaftar masih sepi bahkah ada kabupaten/kota tanpa pendaftar,” hal tersebut disampaikan Ketua Tim Seleksi Aceh Zona II Hadi Iskandar, melalui keterangan pers, Kamis (3/6/2023).

Hadi juga mengatakan, kalau yang mendaftar sudah ada 83 orang tersebar disemua kabupaten/kota. Dengan rincian sebagai berikut, Kota Lhokseumawe peserta laki-laki 5 orang, perempuan 2 orang. Kabupaten Aceh Utara, laki-laki 22 orang, perempuan 2 orang. Kabupaten Bireuen laki-laki 9 orang, perempuan 1 orang. Kabupaten Aceh Barat, laki-laki 4 orang, perempuan 2 orang. Kabupaten Bener Meriah, laki-laki 15 orang, lerempuan 1. Kabupaten Aceh Tengah, laki-laki 17 orang, perempuan 3 orang. Sehingga, rekap keseluruhan berjumlah laki-laki 72 orang, perempuan 11 orang, total pendaftar 83 Peserta sampai dengan tanggal 3 Juni 2023.

Proses pendaftaran masih berlangsung hingga saat ini, khusus pendaftar dari kalangan perempuan masih sangat minim. Timsel Zona II menghimbau, agar para perempuan bisa berpartisipasi dan berkompetisi dalam proses penentauan dalam pemilu 2024. Tentu keterlibatan perempuan dalam ajang pengawasan menjadi lebih menarik.

Sekretaris Timsel Zona II, Nurbaeti, memperkirakan puncak proses pendaftaran akan berlangsung di akhir-akhir pendaftaran ditutup, yaitu hari Rabu (7/6/2023). Sehingga, beliau mengingatkan kepada calon pendaftaran agar mendaftar lebih cepat sebelum ditutup sehingga mudah dan cepat dalam membuka aplikasi Mr. Bawaslu guna untuk mendapatkan nomor peserta test juga untuk mengupload berkas-berkas pendaftaran.

Walaupun Calon pendaftar tidak mesti datang ke Sekretariat Timsel yang berada di Hotel Grand Bayu Hill, Kabupaten Aceh Tengah, Cukup mengirim berkasnya, maka operator akan mengirimkan akses untuk masuk di aplikasi Mr. Bawaslu yang nantinya calon pendaftar mengapload berkasnya sendiri. Namun demikian, Tegas Nurbaeti, bahwa sebaiknya pendaftar langsung datang ke Sekretariat Timsel guna mendapatkan keterangan langsung dan memperoleh kode akses aplikasi Bawaslu. (*)

  • Bagikan