Jelang Hari Raya Idul Fitri, Mappay Paloh Gadeng Santuni Puluhan Anak Yatim

  • Bagikan
Camat Dewantara Nawafil Mahyudha didampingi Geuchik Paloh Gadeng Surkani menyantuni puluhan anak yatim dan piatu yang digagas Masyarakat Paloh Gadeng Peduli Anak Yatim (Mappay) sekaligus buka puasa bersama Gampong Paloh Gadeng, kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Minggu (7/4/2024).

ACEH UTARA – Masyarakat Paloh Gadeng Peduli Anak Yatim (Mappay) menjelang hari raya idul Fitri 1445 H, menyantuni puluhan anak yatim dan piatu sekaligus buka puasa bersama yang berlangsung di Dusun 3 Glee Baroe Gampong Paloh Gadeng, kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Minggu (7/4/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Dewantara, Nawafil Mahyudha SSTP dan jajarannya, Danramil Dewantara, Sekcam Dewantara, para geuchik dalam kecamatan Dewantara, Kepala Puskesmas Dewantara dr Weldi, Badan Dakwah Islam Masjid PT PIM, Tuha Peut gampong, ketua Karang Taruna, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana, M. Yusuf Yunus mengatakan, kegiatan ini diselingi dengan berbuka puasa bersama dan merupakan kegiatan tahunan yang diadakan khusus untuk menyantuni anak yatim yang ada dalam Gampong Paloh Gadeng.

“Santunan yang dibagikan untuk 41 anak yatim piatu dalam bentuk uang tunai, kain sarung, dan menu berbuka puasa. Mappay ini merupakan program yang digagas oleh Karang Taruna Rincong Pusaka, dan Alhamdulillah sudah berjalan tiga tahun,” katanya.

Geuchik Paloh Gadeng Surkani menyantuni puluhan anak yatim dan piatu yang digagas Masyarakat Paloh Gadeng Peduli Anak Yatim (Mappay) sekaligus buka puasa bersama Gampong Paloh Gadeng, kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Minggu (7/4/2024).

Geuchik Paloh Gadeng, Surkani menyampaikan, sumber dana santunan anak yatim ini merupakan dari iuran wajib Rp 20 ribu per bulan per kepala keluarga yang ada di Gampong paloh gadeng. Untuk tahun ini, dana yang terkumpul Rp 41 juta lebih yang dikhususkan untuk anak yatim, sedangkan untuk anak piatu dialokasikan dari dana lainnya yang dikumpulkan oleh masyarakat.

“Program ini sudah berjalan tiga tahun, yang dibantu oleh ketua pemuda, ketua karang taruna, tokoh masyarakat dan kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh pemerintah gampong,” ungkapnya.

Surkani menyampaikan kebahagiaannya karena bisa melihat tersenyumnya anak yatim piatu jelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, pasalnya santunan yang diberikan kali ini berupa uang tunai Rp 900 ribu per anak dan kain sarung.

“Kita berharap ini menjadi kegiatan yang terus berjalan setiap tahunnya dan dana yang kita kumpulkan bisa semakin meningkat untuk kita sumbangkan ke anak yatim,” tuturnya.

Camat Dewantara, Nawafil Mahyudha mengapresiasi masyarakat Gampong Paloh Gadeng yang dikemas dalam kegiatan Mappay untuk peduli kepada anak yatim piatu setiap tahunnya.

“Alhamdulillah program Mappay yang digagas oleh Karang Taruna Rincong Pusaka sudah berjalan 3 tahun yang lalu hingga bisa terus berjalan sampai hari ini, tentunya kami sangat mengapresiasi, karena giat ini merupakan giat yang sangat luar biasa positif, semoga dengan adanya program Mappay ini Gampong Paloh Gadeng senantiasa diberikan Rahmat dan lindungan Allah SWT,” pungkas Camat Dewantara.[]

  • Bagikan