Kapolres Aceh Utara Resmikan Pembangunan Mushalla Al-Mulk di Sarah Raja

  • Bagikan
Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera bersama Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan dan rombongan meresmikan selesainya pembangunan Mushola yang telah dibangun secara swadaya oleh Polres Aceh Utara sejak Agustus 2023 di dusun sarah raja kawasan terpencil pedalaman Gampong Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, Rabu (3/4/2024).

ACEH UTARA – Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera bersama Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan dan rombongan kembali berkunjung ke dusun sarah raja kawasan terpencil di pedalaman Gampong Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, Rabu (3/4/2024).

Kunjungan bertepatan 23 Ramadhan 1445 H itu dilaksanakan dalam rangka silaturahmi sekaligus meresmikan selesainya pembangunan Mushola yang telah dibangun secara swadaya oleh Polres Aceh Utara sejak Agustus tahun lalu. Selain itu juga dilakukan kegiatan Bansos Berupa Pengobatan Gratis serta Pemberian santunan kepada masyarakat setempat.

Kapolres Aceh Utara dalam sambutannya mengatakan, konsep mendirikan mesjid/mushalla bukan hanya sebagai tempat beribadah atau tempat berkumpul namun juga memiliki peran untuk membangkitkan kekuatan rohaniah dan iman baik.

“Sesuai namanya, Al Mulk yang diartikan kerajaan, sesuai yang tercantum dalam surat al mulk merupakan surah ke-67 dalam alquran, terdiri dari 30 ayat yang memberikan syafaat untuk yang membacanya, surat pencegah dari azab kubur (Al – Maniah) dan penyelamat dari azab kubur (Al – Munyiyat),” ujar AKBP Deden.

Ia menyampaikan, pembangunan mushalla al mulk ini dimulai dengan peletakan batu pertama pada bulan agustus 2023 bersama unsur Forkopimda.

Biaya pembangunan mushalla al mulk bersumber dari sumbangan seluruh personel di jajaran polres aceh utara, dan juga bantuan dari danrem 011/lilawangsa yang dengan tulus memberikan kontribusi kerja sama dan gotong royong yang kuat, sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian terhadap kebutuhan spiritual masyarakat di dusun sarah Raja Gampong Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan.

“Saya berharap mushalla al mulk ini insya Allah dapat memancarkan cahaya islam, menjadi pusat kegiatan keagamaan dan spiritual bagi masyarakat setempat serta menjadi tempat yang memberikan kedamaian dan ketenangan bagi para jamaah dalam melaksanakan ibadah serta yang mempersatukan masyarakat dan kerukunan umat” ucap AKBP Deden Heksaputera.

Sementara itu, Zulkifli Kadus Sarah Raja menyampaikan rasa bahagianya sebab sudah lama merindukan Musholla untuk dapat digunakan masyarakatnya dalam melaksanakan ibadah. Ianya juga berharapa perhatian pemerintah untuk kepentingan akses jalan karena desa mereka merupakan pelosok paling jauh sehingga susah dalam mencari keperluan dan kegiatan sehari-hari.

“Kami sangat berterima kasih atas semua bantuan/sumbangan dari proses pembangunan Mushollah sampai dengan bantuan lainnya kepada kami masyarakat dusun Sarah Raja yang sudah menjadi perhatian dari bapak-bapak semua terhadap desa kami,” ujar Zulkfili.

Kunjungan Sinergitas TNI Polri ini ditutup dengan Penanda tanganan Prasasti Peresmian pembangunan Musholla Al-Mulk Sarah Raja dan pemotongan pita oleh Kapolres Aceh Utara.

Selain itu juga diserahkan bantuan di Musholla Al-Mulk oleh Kapolres berupa Al-quran, iqra, yasin, Mukena, Kain Sarung, Sajadah panjang, sajadah imam, mimbar, kain kafan dan lemari. (*)

  • Bagikan