Pembagian Kanji Rumbi Gratis di Islamic Center Lhokseumawe

  • Bagikan
Pj Walikota Lhokseumawe Dr Imran pembagian perdana kanji rumbi gratis bagi masyarakat untuk berbuka puasa di halaman Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe, Rabu (29/3/2023). durasi/Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Menjelang berbuka puasa di Kota Lhokseumawe, lebih dari ratusan masyarakat tampak antri pembagian kanji rumbi gratis bagi masyarakat untuk berbuka puasa di halaman Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe, pada Rabu (29/3/2023).

Pembagian perdana langsung dilakukan Pj Walikota Lhokseumawe, Dr Imran.

Pj Walikota Lhokseumawe Dr Imran mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja maksimal untuk penyediaan kanji rumbi gratis.

Pj Walikota mendukung penuh kegiatan kanji rumbi. Serta memastikan kalau pembagian kanji rumbi gratis yang sudah menjadi tradisi setiap Ramadhan di Masjid Agung Islamic Center ini bisa berlangsung hingga 28 Ramadhan.

Pj Walikota Lhokseumawe Dr Imran pembagian perdana kanji rumbi gratis bagi masyarakat untuk berbuka puasa di halaman Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe, Rabu (29/3/2023). durasi/Rahmat Mirza

Ketua Panitia Kanji Rumbi, Muslim mengatakan pelaksanaan pembagian kanji rumbi secara gratis ini untuk masyarakat dan anak yatim dilaksanakan setiap tahun selama bulan Ramadan.

“Pembagian Kanji Rumbi ini baru kita laksanakan dihari tujuh Ramadan. Dalam satu hari kita biasa hanya menyediakan dua dandang atau empat sesuai dengan sumbangan dari para dermawan,” kata Muslim.

Muslim menambahkan, ketersediaan kanji rumbi tersebut sebanyak dua dandang, dengan kapasitas warga yang mengambil sekitar 800 porsi.

“Kami berharap dari pihak pengelola apabila ada dermawan yang hendak bersedekah baik itu berupa uang tunai maupun beras, kemudian dari situ nanti kita jadikan kanji rumbi dan bagikan kepada masyarakat secara gratis,” ujarnya.

Muslim mengatakan pembagian kanji rumbi ini akan dilakukan hingga 28 Ramadan.

Diketahui, tradisi pembagian kanji rumbi di Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe sudah dilakukan sejak tahun 2011 silam. Setiap jelang berbuka, warga berbondong-bondong membawa tempat makanan, berupa baskom atau plastik sambil mengantri menunggu dibagikan bubur kanji rumbi.

Sementara itu, salah seorang warga Khairunnisa mengatakan, setiap bulan Ramadan dirinya selalu mengantri untuk mengambil kanji rumbi yang dibagi secara gratis.

“Saya setiap tahun dalam bulan Ramadan selalu mengantri untuk mengambil kanji rumbi. Selain rasanya enak, bahkan sangat cocok untuk berbuka puasa, kalau bisa, pembagian bubur kanji ini lebih banyak lagi dan dibuka di hari pertama puasa,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan