Prof Nirzalin: Perlu Memiliki Jiwa Idealisme Dalam Meneliti

  • Bagikan
Prof Nirzalin Beri Pelatihan Metodologi Penelitian di UIN-Ar-Raniry Banda Aceh

Banda Aceh – Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Universitas Malikussaleh, Prof Nirzalin menjadi narasumber dalam kegiatan “Pelatihan Metodologi Penelitian 2023” di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, pada Kamis (15/6/2023) .

Kegiatan yang digelar di Ruang Laboratorium Lantai 2 FISIP itu dihadiri oleh  mahasiswa, dosen, dan sejumlah pimpinan di fakultas tersebut dan dimoderatori oleh Rahmadhan Fitriani dan Ulyani. Dalam mengarahkan jalannya acara, moderator menjelaskan beberapa hal penting mengenai metode penelitian yang digunakan oleh para peneliti khususnya dalam Ilmu Sosial.

Prof Nirzalin dalam materinya menyampaikan mengenai metodologi penelitian kualitatif dan aplikasi referensi.  Menurutnya banyak tema yang dapat diteliti saat ini sehingga metodologi penelitian perlu dipelajari agar penelitian yang dilakukan dapat memberi sumbangsih baik untuk masyarakat dan ilmu pengetahuan.

“Penelitian itu adalah aktivitas menelaah dengan cermat melalui pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data yang dilakukan melalui metode ilmiah,” terang Nirzalin.

Ia juga menambahkan bahwa peneliti adalah orang-orang yang memiliki kemampuan menghimpun data-informasi dari lapangan dan melaporkannnya melalui laporan ilmiah.

“Dalam meneliti, kita perlu memiliki jiwa idealisme. Para peneliti kualitatif itu perlu adanya rasa ingin tahu, kritis dan selalu ingin mengkritik, selalu merasa tidak puas dengan karyanya, dan tentunya selalu ingin belajar,” tambah Nirzalin.

Selanjutnya Nirzalin menjelaskan bagaimana menyusun proposal kualitatif dan tekniknya, mulai dari penentuan masalah, perspektif keilmuan, dan metode pada suatu isu penelitian yang diangkat. []

  • Bagikan