Nek Jir: Harga TBS Kelapa Sawit di Aceh Utara Mulai Naik

  • Bagikan
harga TBS kelapa sawit di tingkat petani di Kecamatan Nisam, Aceh Utara mulai naik dari Rp2 ribu per kilogram menjadi Rp2.330 per kilogram.

ACEH UTARA – Harga tandan buah segar atau harga TBS kelapa sawit di tingkat petani di Kecamatan Nisam, Aceh Utara mulai naik dari Rp2 ribu per kilogram menjadi Rp2.330 per kilogram.

“Kita beli dari petani sebesar Rp2.330 per kilogram dan dijual kembali ke pengusaha dengan harga Rp2.470 per kilogram,” kata seorang Agen Pengumpul, Jirwani di Nisam, Kamis (23/3/23).

Kenaikan harga TBS ini sudah terjadi satu pekan dan diharapkan terus naik. Dengan harga itu petani sawit sudah kembali semangat.

Nek Jir berdialog dengan Tajuddin.

Pasalnya, harga kelapa sawit pernah jatuh di level paling rendah Rp500 per kilogram, sehingga petani malas memanen kelapa sawit milik kebun mereka. Karena harga tersebut tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan petani termasuk juga harga pupuk yang cukup mahal.

Mulai naiknya harga pasca pembukaan kembali ekspor CPO pada awal tahun 2022 lalu, harga TBS kelapa sawit petani terus naik. “Saya berharap harga TBS terus mengalami kenaikan hingga pada harga tertinggi mencapai Rp3.000 lebih per kilogram seperti sebelumnya,” pungkas Nek Jir. (*)

  • Bagikan