Jadi Petani Melon dan Semangka, Geuchik Alue Keurinyai Raup Keuntungan Ratusan Juta Rupiah

  • Bagikan
Geuchik Gampong Alue Keurinyai Rasyidin bersama Ketua KNPI Banda Baro Nazaruddin mengecek kembali hasil tanaman melon, Minggu (21/4/2024) di area persawahan Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara.

ACEH UTARA – Geuchik Gampong Alue Keurinyai, Rasyidin (49) Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, tidak menyurutkan jiwa bertani meraup ratusan juta rupiah dari hasil mengembangkan budidaya melon dan semangka di tanah seluas empat hectare.

“Area persawahan di Alue Keurinyai mayoritas merupakan lahan tadah hujan atau kritis yang tidak memiliki sistem irigasi atau waduk penyimpan air. Para petani selama ini hanya mengandalkan hujan untuk menggarap lahan mereka. Dari puluhan hektar lahan persawahan kritis, mereka telah berhasil memanfaatkan empat hektar untuk budidaya tanaman melon, semangka, dan cabai. Hasilnya sungguh memuaskan, dengan mencapai empat kali panen dalam satu tahun,” Kata Rasyidin, Minggu (21/4/2024).

Untuk menanam melon, tentu dibutuhkan pasokan air. Meskipun demikian, kebutuhan air untuk melon jauh lebih sedikit dibandingkan dengan padi. Untuk mengatasi hal ini, mereka telah membuat enam sumur bor bantuan dari Dinas Pertanian Aceh Utara.

“Meskipun demikian, untuk memenuhi kebutuhan air yang optimal, para petani di Alue Keurinyai masih membutuhkan tambahan 15 sumur bor,” kata Rasyidin.

Budidaya melon berada langsung dibawah Kelompok Beusarena, yang beranggotakan 20 orang. Sementara modal yang dibutuhkan untuk budidaya melon mencapai jutaan rupiah.

“Untuk menanam satu rante saja, kami membutuhkan modal 2 juta rupiah, harga ini sudah termasuk bibit, pupuk, obat-obatan dan perawatan lainnya,” katanya.

Rasyidin menyebutkan dalam satu rante, mereka dapat menanam 500 batang melon dengan hasil setiap batang rata-rata 2,5 kilogram buah. Sementara harga jual Rp 5.000/Kg-Rp 10.000/Kg, tergantung jenis melon. Adapun jenis melon yang dibudidaya yakni melon Alina dan Alisha.

“Setiap kali panen melon para agen langsung datang beli dan panen di lahan dan selalu dilakukan pada malam hari, hasil melon kami umumnya didistribusikan ke luar Aceh seperti Medan hingga Batam,” katanya.

Rasyidin menyebutkan, dalam budidaya melon ini, pihaknya juga mendapat binaan langsung, baik dari Dinas Pertanian Aceh, Dinas Pertanian Aceh Utara, Camat Banda Baro, dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Banda Baro.

“Jika dilihat dari pembukuan keuangan per tahun dari empat kali panen melon sudah ada sekitar ratusan juta didapatkan dari budidaya melon ini. Tentu ini angka yang sangat membahagiakan kami dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.[]

  • Bagikan