Ternyata Ini Cara Hemat Listrik Saat Pakai AC, Ampuh !

  • Bagikan
Ilustrasi AC (Foto: Unsplash)

Air Conditioner (AC) banyak dipasang di rumah-rumah untuk mendinginkan udara di daerah panas. AC bekerja di siang hari dan juga di malam hari. Ini akan meningkatkan tagihan listrik Anda.

Ya, AC adalah salah satu peralatan rumah tangga yang memakan banyak daya. AC sering menyala, tetapi beberapa ada cara untuk mengurangi konsumsi daya.

Penasaran ? Berikut cara hemat listrik saat menggunakan AC :

1. Setel suhu minimum

Suhu ruangan di rumah-rumah di Indonesia antara 22 derajat Celcius dan bahkan lebih tinggi pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Banyak orang mengatur suhu AC ke 16-18 derajat untuk mendinginkan ruangan lebih cepat, tetapi ini sebaiknya dihindari.

Penyejuk udara yang disetel ke rendah akan melakukan lebih banyak pekerjaan untuk menjaga suhu tetap rendah. Akibatnya, konsumsi daya lebih tinggi. Kami merekomendasikan pengaturan suhu minimum ke 22 derajat Celcius.

2. Menutup ruangan

Bahkan jika suhu ruangan diatur ke 22 derajat, ruangan di rumah dapat dengan cepat terasa sangat dingin jika pintu dan jendela tertutup. Celah yang terlalu besar membuat AC sulit mengatur suhu ruangan. Alhasil, sistem pendingin udara tetap berfungsi optimal dan menyerap banyak energi listrik.

3. Jeda saat menghidupkan AC

Jika Anda tidak sengaja menekan tombol mati pada remote control, normal untuk segera menyalakannya kembali. Jika Anda tidak ingin membuang energi Anda, lebih baik tidak melakukan ini. Apalagi kebiasaan ini mudah merusak AC.

Apa yang akan kamu lakukan? Harap tunggu sebentar sebelum menyalakan kembali AC. Mendinginkan mesin AC terlebih dahulu menstabilkan tegangan jaringan. Metode ini juga membantu mengurangi penggunaan daya.

4. Membersihkan debu di dalam ruangan

Ingin menghemat listrik dengan menyalakan AC? Sekarang bersihkan rumah Anda dari debu, terutama di dekat AC. Jika ruangan kotor, AC tidak akan bekerja dengan baik.

Debu yang terhisap ke dalam AC menumpuk dari waktu ke waktu, sehingga menyulitkan untuk menghidupkan mesin. Secara alami, ini akan meningkatkan jumlah energi listrik yang digunakan. Selain itu, kualitas udara yang dihembuskan pun terasa kotor.

5. Membersihkan sistem AC secara teratur

Ya, sistem AC juga harus dibersihkan secara teratur. Bukan hanya AC yang susah rusak, tapi juga bisa mengurangi pemborosan listrik. Yang terbaik adalah membersihkan AC Anda setiap tiga bulan sekali.

Demikian cara hemat listrik saat menggunakan AC yang dikutip dari suara.com, Sabtu (6/8/2022). Jika anda warga Jogja, cobalah gunakan jasa service ac jogja pada tautan tersebut bila mengalami masalah dengan AC di rumah atau kantor.

  • Bagikan