Saksikan Festival Meurah Silu di Takengon 25-26 Juni 2022

  • Bagikan
Festival Meurah Silu – KKAG Tahun 2022 dipusatkan di Lapangan Meusara Alun, Aceh Tengah yang akan dilaksanakan selama dua hari mulai 25-26 Juni 2022. doc/Humas BI Lhokseumawe

ACEH TENGAH– Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Aceh dan Bank Indonesia Lhokseumawe menggelar kegiatan Festival Meurah Silu – KKAG Tahun 2022 dipusatkan di Lapangan Meusara Alun, Aceh Tengah yang akan dilaksanakan selama dua hari mulai 25-26 Juni 2022.

Festival salah satu bentuk kontribusi KPw BI Lhokseumawe dan Provinsi Aceh bekerjsama degan seluruh stakeholders untuk menggali potensi ekonomi serta menjawab tantangan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi di Provinsi Aceh. Adapun tema tahun ini mengangkat Karya Kreatif Aceh-Gayo atau “Festival Meurah Silu-KKAG Tahun 2022” dengan tujuan membangkitkan ekonomi dan kebudayaan daerah pesisir laut dan pegunungan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Lhokseumawe, Gunawan dalam siaran persnya, Sabtu (25/6/2022) menyebutkan sebelumnya, even serupa digelar di Kota Langsa dengan tujuan meningkatkan nilai tambah produk UMKM Aceh melalui pengembangan dari hulu hingga hilir dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional yang berkelanjutan.

Selain itu, kegiatan itu juga mengangkat pameran yang mengusung edukasi kepada pelaku usaha dari berbagai sektor dan juga masyarakat secara umum.  Rangkaian kegiatan lainnya berupa diskusi dan seminar mengenai upaya pengembangan industri  dengan dimeriahkan pameran berbagai macam produk unggulan dari seluruh wilayah Provinsi Aceh.

Misalnya pada industri kopi, akan dihadirkan pelaku usaha yang bergerak di bidang pembibitan, petani kopi, roaster kopi, hingga pelaku usaha yang menjual produk kopi olahan.

“Keikutsertaan pihak-pihak diberbagai macam proses produksi pada kesempatan itu diharapkan dapat menjadi ajang menjalin kerjasama dan sinergi semua pihak. Begitu juga dengan industri-industri lain, sehingga kemudian akan tercipta ruang kerjasama antar pelaku usaha maupun antar industry,” kata Gunawan.

Festival Meurah Silu Aceh 2022 diresmikan oleh Gubernur Aceh yang diwakili Ir. Mawardi, Staff Ali Gubernur Aceh Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, dengan disaksikan langsung oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Kepala KPw BI Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani, Kepala KPw BI Lhokseumawe Gunawan dan Ketua dekranasda dari kabupaten/kota se Aceh yang ikut ambil bagian dalam kegiatan Festival Meurah Silu-KKAG tahun 2022. (*)

  • Bagikan