Cak Imin Balas Gibran: Saya Catat Dikit, yang Penting Bukan Catatan MK

  • Bagikan
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menyampaikan gagasanya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Minggu, (21/1/2024). doc/KPU RI

JAKARTA – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut ia akan mencatat sejumlah materi di gelaran debat cawapres kedua.

Namun yang terpenting, menurutnya, ia tak ‘mencontek’ catatan Mahkamah Konstitusi (MK).

Pernyataan itu Cak Imin sampaikan saat mendapatkan kesempatan pertama menjawab pertanyaan yang disampaikan moderator dari panelis dengan subtema desa.

“Saya catat sedikit, yang penting ini bukan catatan MK,” ujar Cak Imin dalam debat cawapres kedua yang digelar KPU di JCC, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Cak Imin melanjutkan dirinya sepakat untuk mewujudkan desa tertinggal menjadi maju dan mandiri. Ia mencatat per hari ini masih ada 4 ribu desa tertinggal yang belum menjadi maju dan mandiri.

“Ini bukti infrastruktur baik dan dana desa baik, sehingga masyarakat desa makin kerasan. Nanti kita siapkan lagi anggaran Rp5 miliar per desa, agar tidak hanya infrastruktur baik, tapi kehidupan ekonomi tumbuh dari bumdes,” ujar pria yang kini dikenal juga sebagai Wakil Ketua DPR.

Adapun cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam gelaran debat yang sama sebelumnya menyentil Cak Imin yang menjawab pertanyaan debat dengan mengintip catatan.

Hal itu Gibran sampaikan usai Cak Imin menjelaskan soal subsidi pupuk untuk petani. Terlihat beberapa kali Cak Imin menunduk seperti melihat catatan.

“Enak banget ya Gus ya, jawabnya sambil baca catatan,” sindir Gibran saat giliran menanggapi Cak Imin di Segmen 2 Debat Cawapres.

KPU menggelar debat kandidat Pilpres 2024 yang keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam (21/1).

Kali ini para calon wakil presiden yang beradu gagasan. Mereka adalah cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Tema yang dibahas seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat dipandu dua moderator perempuan yakni Jurnalis SCTV Retno Pinasti dan Jurnalis Metro TV Zilvia Iskandar. Rangkaian debat keempat Pilpres 2024 kali ini merupakan momen kedua bagi para cawapres beradu gagasan. Sebelumnya mereka telah mengikuti debat pada 22 Desember 2023 lalu. (cnn)

  • Bagikan