Danrem Lilawangsa Buka Liga Santri Piala Kasad 2022 di Stadion Krueng Mane

  • Bagikan
Danrem 011/ Lilawangsa, Kolonel Inf Bayu Permana melakukan tendangan pertama tanda dimulainya Liga Santri Piala Kasad 2022 untuk wilayah Korem Lilawangsa di Stadion Mini Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Sabtu (6/8/2022). doc/Penrem

LHOKSEUMAWE – Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Bayu Permana secara resmi membuka Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 untuk wilayah Korem Lilawangsa dengan melakukan tendangan perdana bola kaki pertanda dibuka di Stadion Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Sabtu (6/8).

Tendangan kick off tersebut disaksikan Pj. Bupati Aceh Utara, Azwardi Abdullah, Sekda Lhokseumawe, T. Adnan, dan para Komandan Kodim di wilayah Korem Lilawangsa.

“Generasi muda olahraga kita terutama sepak bola di wilayah Korem Lilawangsa banyak yang berprestasi, dan santri adalah salah satu aset berharga. Antusiasme yang terlihat hari ini harus terus kita jaga,” kata Danrem Bayu Permana kepada wartawan.

Kolonel Bayu berharap klub santri yang meraih juara di Stadion Krueng Mane nanti dapat mewakili Kodam Iskandar Muda pada Liga Santri Piala Kasad tingkat nasional yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, 22 Oktober 2022, bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

“Pesepak bola dari Aceh banyak dari mantan santri. Insya Allah, ke depan dari Lapangan Krueng Mane ini lahir atlet-atlet sepak bola dari santri yang mampu mengharumkan negara ini di kancah internasional,” ujar Danrem.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan untuk memajukan olahraga. Apalagi usai pandemi Covid-19, masyarakat haus hiburan dan wadah positifnya adalah pertandingan sepak bola dan olahraga lainnya.

Sebanyak 10 tim pesantren akan bertanding dalam Liga Santri Piala Kasad PSSI 2022 Wilayah Korem Lilawangsa hingga final pada 9 Agustus 2022. Mereka akan memperebutkan satu tiket untuk melaju ke tingkat Provinsi Aceh.

Pada hari pembuka, Sabtu (6/8), digelar tiga laga. Yakni, tim tuan rumah Al-Azhar FC Aceh Utara menjamu Azhar FC dari Gajah Putih, Aceh Tengah; PP Darul Mukhlisin FC Aceh Tamiang Vs Darul Yaqin FC Lhokseumawe; dan Forsa FC Bireuen menjajal kemampuan Darul Hijrah FC dari Gayo Lues.

Untuk diketahui, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, telah melakukan tendangan kick off menandai dimulainya Liga Santri PSSI Piala Kasad di seluruh Indonesia dengan kemeriahan seremoni pembukaan di Stadion Merdeka, Jombang, Jawa Timur, Senin, 20 Juni 2022 lalu.

Kejuaraan ini diawali dengan pertandingan tim sepak bola antarpesantren di tingkat kabupaten/kota sejak Juni lalu. Kemudian tingkat provinsi pada Agustus hingga September 2022. Selanjutnya tingkat nasional mulai September hingga final pada 22 Oktober 2022 yang rencananya digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

Liga Santri PSSI Piala Kasad tersebut merupakan bentuk perhatian TNI Angkatan Darat terhadap pembinaan sepak bola di tanah air. Selain menjaring bibit unggul pesepak bola nasional, juga diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan.

Berikut jadwal pertandingan Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 Regional Korem 011/Lilawangsa, di Stadion Krueng Mane, Aceh Utara, Sabtu, 6 Agustus sampai Selasa, 9 Agustus 2022:

Babak Pendahuluan (P1)
Sabtu, 6 Agustus, pukul 08.00 WIB
Tim Al Azhar FC (Aceh Utara) Vs Al-Azhar FC (Aceh Tengah)

Babak Pendahuluan (P2)
Pukul 14.00 WIB
Tim PP Darul Mukhlisin FC (Aceh Tamiang) Vs Darul Yaqin FC (Lhokseumawe)

Babak 8 Besar (P3)
Pukul 16.30 WIB
Tim Forsa FC (Bireuen) Vs Darul Hijrah FC (Gayo Lues)

Babak 8 Besar (P4)
Ahad, 7 Agustus, pukul 08.00 WIB
Tim Nurul Islam FC (Bener Meriah) Vs Dayah Jeumala Amal (Pidie)

Babak 8 Besar (P5)
Pukul 14.00 WIB
Tim United Santri (Aceh Tenggara) Vs Pemenang (P1)

Babak 8 Besar (P6)
Pukul 16.30 WIB
Tim Muda Ranger FC (Aceh Timur) Vs Pemenang (P2)

Semi Final (P7),
Ahad, 8 Agustus, pukul 16.30 WIB

Semi Final (P8)
Pukul 20.30 WIB

Babak Final (P9)

Selasa, 9 Agustus 2022, pukul 20.30 WIB. (*)

  • Bagikan