Diguyur Hujan Deras, Air Sungai Meluap ke Permukiman Warga di Geureudong Pase

  • Bagikan
Foto: Luapan Krueng Pase di Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara. @Istimewa
Foto: Luapan Krueng Pase di Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara. @Istimewa

ACEH UTARA- Hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Utara mengakibatkan terjadi luapan Krueng Pase (sungai) di Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, hingga merembes sebagian kawasan permukiman warga, Kamis 30 September 2021, sore.

Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Murzani, mengatakan, berdasarkan informasi dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD bahwa akibat hujan mengguyur wilayah Kecamatan Geureudong Pase, mengakibatkan Daerah aliran sungai (DAS) Krueng Pase penuh dan meluap yang bermuara ke Kecamatan Meurah Mulia, Nibong, Syamtalira Aron, dan Samudera, Aceh Utara.

“Perlu kami sampaikan bahwa air sudah mulai mengalir ke sebagian kawasan pemukiman masyarakat dengan ketinggian baru mencapai sekitar 50 centi meter. Dan, dikhawatirkan jika hujan berlanjut berdasarkan empiris sekitar 4-5 jam yang akan datang, air akan sampai ke Kecamatan Samudera,” kata Murzani, Kamis malam.

Oleh sebab itu, sebut Murzani, TRC BPBD terus memantau perkembangan di lapangan. Namun, sedikit mengalami kendala, karena aliran listrik di kawasan itu sempat padam. []

 

  • Bagikan