Dosen Fakultas Pertanian Lakukan Pembinaan Pembuatan Pakan Ikan Bagi Petani Tambak

  • Bagikan
Foto: IST
Foto: IST

ACEH UTARA- Dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (Unimal) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Gampong Reuleut Timur, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Selasa 23 November 2021.

Kegiatan itu merupakan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam pengabdian itu diantaranya Rachmawati Rusydi, S.Pi., M.Sc selaku Ketua Pengabdian, Mainisa, S.Pi., M.S, Salamah, S.Pi., M.Si, dan Riani, S.P., M.Si yang dibantu Putri Masyithah dan Rizky Kurniawan sebagai mahasiswa Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh.

Pengabdian tersebut mengusung tema “Pembinaan Pembuatan Pakan Ikan Buatan Berbahan Baku Lokal Di Desa Reuleut Timur”, yang dihadiri sejumlah petani tambak berdomisili di Gampong Reuleut Timur, Aceh Utara.

Ketua Tim Pengabdian, Rachmawati Rusydi, mengatakan, pengabdian ini menjadi salah satu pembinaan desa lingkungan sekitar Universitas Malikussaleh, yang bertujuan untuk meningkatkan peran Unimal dalam pemberdayaan desa di sekitar kampus Unimal terutama Gampong Reuleut Timur.

“Kegiatan ini diadakan untuk melatih masyarakat yang berprofesi sebagai petani tambak, agar dapat membuat pakan pellet dengan mengandalkan bahan baku lokal seperti daun kelor atau dikenal dengan ‘on murong’ secara mandiri, sehingga dapat mengurangi biaya produksi,” kata Rachmawati.

Salah seorang dosen bidang pakan di Program Studi Akuakultur Universitas Malikussaleh, Salamah, menyebutkan, pelatihan ini dapat membatu masyarakat untuk membuat pakan sendiri menggunakan bahan baku lokal untuk menghasilkan pakan ikan yang murah, mudah didapat, dan bernutrisi tinggi.

Menurutnya, bahan baku lokal yang digunakan dalam pelatihan ini ialah tepung daun kelor. Karena daun kelor memiliki kandungan nutrisi berupa protein, karbohidrat, zat besi, mineral dan vitamin serta kaya akan kandungan antioksidan.

“Daun kelor juga memiliki kadar protein yang tinggi dengan semua asam amino esensial. Oleh karena itu, tepung daun kelor dapat menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan pakan ikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Musawir selaku perwakilan petani tambak di Gampong Reuleut Timur, mengungkapkan, kegiatan ini memberikan informasi kepada kami para petani tambak mengenai formula pakan udang, sehingga pihaknya dapat membedakan nutrisi pakan sesuai dengan umur udang.

“Kami juga berterima kasih kepada ibu dosen sudah menyelenggarakan acara ini, kita berharap ke depannya masih bisa mengikuti acara serupa sehingga menambah wawasan para petani tambak,” ujar Musdar. []

 

  • Bagikan