Gubernur Lemhannas: Apresiasi Aceh Sebagai Contoh DPD IKAL Yang Sudah Siap

  • Bagikan
Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto memberikan sambutan sekaligus membuka Rapat kerja nasional (Rakernas) Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas III 2023 di Gedung Lemhannas Jakarta Pusat, Sabtu (21/1). doc/Lemhannas

IKAL Lemhannas Aceh membuat kajian tentang Transisi Energi Hijau, itu bisa contoh dilakukan.  Lalu, keinginan Bapak Presiden Jokowi untuk Aceh setiap tahun 1000 pelatihan kebangsaaan. Hal yang sama harus kami lakukan 1000 pelatihan kebangsaan untuk Papua,” kata Andi Widjajanto.

JAKARTA – Rapat kerja nasional (Rakernas) Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas III 2023 yang dihadiri oleh seluruh perwakilan DPD (Dewan Pengurus Daerah), Ketua Angkatan Alumni KSA,KRA,PPSA,P3DA, maupun TAPLAI, Sabtu (21/1/2023) di Gedung Lemhannas Jakarta Pusat berlangsung dengan hangat dan kekeluargaan.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto selaku Ketua Dewan Pembina, dan dilanjutkan dengan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL-Lemhannas) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Rakernas ketiga IKAL-Lemhannas 2023 mengangkat tema ‘IKAL Sebagai Katalisator Keutuhan Bangsa dan Subtema IKAL Berperan Mewujudkan Nasionalisme yang Damai dan Adil’.

Rakernas Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas III 2023

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, berpesan agar para alumni memperkuat kolaborasi dengan alumni mancanegara. Hal itu perlu dilakukan sebab saluran tersebut dapat digunakan untuk memperkokoh posisi bersama di tengah ketidakpastian dunia dewasa ini.

“Ketika saya ke Aceh, hari minggu hingga senin kemarin disambut oleh Ketua DPD IKAL Lemhannas Aceh Prof Syahrizal, IKAL yang berasal KSA,KRA,PPSA,P3DA, TAPLAI dan Alumni Kebangsaaan. Terimakasih sambutannya Prof Syahrizal.

IKAL Lemhannas Aceh membuat kajian tentang Transisi Energi Hijau, itu bisa contoh dilakukan. Lalu Aceh sendiri keinginan Bapak Presiden Jokowi, setiap tahun 1000 pelatihan kebangsaaan. Hal yang sama harus kami lakukan 1000 pelatihan kebangsaan untuk Papua,” kata Andi Widjajanto.

Tahun ini, kami harus melakukan pelatihan untuk 30 ribu Paskibra. Rencana kami, Pak Agum pelatihan 30 ribu Paskibra di daerah-daerah, kami titipkan ke DPD IKAL. Pelatihan kebangsaan untuk Paskibra nanti akan koordinasinya dengan Lemhannas, terkait materi dan narasumber. Sebanyak 30 ribu ditingkat Provinsi dan Kabupaten kami titipkan ke DPD IKAL.

“Untuk sementara, kami sudah bisa melihat DPD yang sudah siap, seperti DPD IKAL Lemhannas Aceh, itu sudah siap, saya tau. Dan DPD IKAL Jawa Timur, DPD IKAL Jakarta tentunya sudah siap yang akan kami kembangkan kedepan. Setelah itu permintaan beberapa Ketua Umum Partai, agar Lemhannas juga ikut melakukan pelatihan kebangsaan untuk Calon Legislatif (Caleg) yang sudah terpilih,” ujar Andi Widjajanto.

Rakernas Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas III 2023

Dalam sambutannya, Andi Widjajanto juga berulang kali menyebutkan DPD IKAL Lemhannas Aceh sebagai contoh untuk beberapa kegiatan yang sudah berhasil dilaksanakan dan mengapresiasi Ngopi Kebangsaan DPD IKAL Lemhannas Aceh yang telah melahirkan rekomendasi dan di serahkan kepada para pemangku kepentingan.

Sahabat Tannas, kontribusi alumni Lemhannas RI selalu nyata. Pada rapat kerja nasional ini, IKAL-Lemhannas mendiskusikan rencana program kerja setahun ke depan guna melaksanakan komitmen para alumnus untuk tetap menjadi katalisator keutuhan bangsa.

Turut hadir, Ketua Dewan Kehormatan Jenderal TNI (Purn) Dr. Wiranto dan Ketua Dewan Penasihat Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto yang juga merupakan para alumni program pendidikan Lemhannas RI, Ketua DPD IKAL Lemhannas Aceh Prof Syahrizal, Seketaris DPD IKAL Lemhannas Aceh Yusri Kasim. (*)

  • Bagikan