Jurusan Informatika Unimal Gelar Kuliah Umum dan Workshop Robotik Bagi Mahasiswa

  • Bagikan
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

ACEH UTARA- Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar kegiatan kuliah umum dan worshop robotik untuk para mahasiswa, dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme lulusan yang diadakan di Aula Cut Meutia, Unimal, Senin 23 Mei 2022.

Kegiatan tersebut dibagi dalam dua sesi, yaitu kuliah umum dengan tema “Program MBKM Berbasis Kecerdasan Buatan di Era Metaverse”, yang disampaikan oleh Prof. Dr. Muhammad Zarlis (Guru Besar Fasilkom-TI Universitas Sumatera Utara). Kemudian, dilanjutkan workshop robotik yang mengusung tema “Pelatihan Dasar Robot Line Follower Untuk Mahasiswa Universitas Malikussaleh”, yang tampil sebagai pemateri David JM Sembiring, S.Kom., M.Kom (Rektor ITB Indonesia Sumatera Utara).

Ketua Jurusan Informatika, Unimal, Munirul Ula, Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan, tema kuliah umum kali ini sangat sesuai dengan kondisi dunia pendidikan tinggi sekarang ini. Dimana kaum milenial dan generasi Z tumbuh di dalam era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung dengan sangat pesat. Dipercayai bahwa di masa depan akan semakin banyak pekerjaan yang dilakukan melaui media digital, ini yang digambarkan sebagai era Big Data, Internet of Things, Artificial Intelligence dan Metaverse.

“Kita berharap dengan adanya kuliah umum dan workshop ini bisa menjadi peluang besar bagi kita untuk menambah ilmu yang sangat berguna untuk memenangkan persaingan di masa datang,” kata Munirul.

Ketua Pelaksana, Rizki Suwanda, S.T., M.Kom., mengatakan, acara ini mendapat antusias sangat besar dari peserta. Awalnya hanya membuka registrasi 60 peserta di masing-masing sesi, tetapi karena permintaan dan minat yang luar biasa maka panitia kembali membuka registasi untuk peserta sebanyak 80 orang dari masing-masing sesi kegiatan. Jadi total peserta yang hadir dalam kegiatan itu berjumlah 160 mahasiswa.

“Semoga ini awal yang baik untuk peminatan dalam dunia robotik bagi mahasiswa/mahasiswi di Universitas Malikussaleh,” ungkap Rizki Suwanda, yang juga selaku Dosen Prodi Teknik Informatika, Unimal. [] (Ril).

 

  • Bagikan