Karang Taruna Rincong Pusaka Aceh Utara Peringkat Pertama Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh

  • Bagikan
Foto: Dok. IST
Foto: Dok. IST

BANDA ACEH–Kabupaten Aceh Utara kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Aceh. Kali ini dalam bidang kreativitas dan pemberdayaan pemuda-pemudi. Pada ajang tahunan yang bertajuk “Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi”.

Dari unsur Karang Taruna, Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara berhasil meraih peringkat ke-1. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Sosial Aceh Nomor: 467.2/8021/2021 Tanggal 09 November 2021, tentang Penunjukan/Penetapan Hasil Seleksi Karang Taruna Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021.

Prosesi penyerahan hadiah kepada Karang Taruna Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng, Dewantara, diserahkan Pemerintah Aceh yang diwakili Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Yusrizal M.Si., di Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh, Selasa, 22 November 2021.

Ketua Karang Taruna Aceh, Ismet Tanjung, ST,.MT., yang juga sebagai Ketua Tim Seleksi, mengatakan, Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, berhasil meraih peringkat ke-1 berdasarkan penilaian terhadap pemaparan program kegiatan, dan kelengkapan administrasi serta fakta di lapangan.

Ismet Tanjung merincikan, adapun peringkat ke-2 diraih Karang Taruna Muda Berkarya Bireuen, peringkat ke-3 Karang Taruna Muda Mandiri Kota Lhokseumawe, peringkat ke-4 Karang Taruna Bur Jangkar Aceh Tengah, dan peringkat ke-5 Karang Taruna Bunga Tanjong Kabupaten Pidie.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Yusrizal, menyebutkan, dalam Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh, KarangTaruna Rincong Pusaka harus bersaing ketat dengan wakil dari 23 kabupaten/kota lainnya di Aceh. Hal ini tentu saja tidak mudah, apalagi proses seleksi tersebut terbilang cukup panjang.

Menurutnya, mulai dari penilaian kelengkapan administrasi pada 12 September 2021, presentasi orientasi dan seleksi pada 27 sampau 29 Oktober 2021. Dan, hingga tahapan terakhir kunjungan langsung dari tim penilai pada 6 November 2021.

Yusrizal menambahkan, bahwa setiap tahun pihaknya melakukan Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi di 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh, dengan tujuan untuk memberikan penghargaan/apresiasi pemerintah kepada pilar-pilar di daerah sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), yang memiliki prestasi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tengah masyarakat untuk meningkatkan kinerjanya. Juga kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Aceh serta dapat menginspirasi Pilar-Pilar Sosial lainnya.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, mengapresiasi Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara yang telah berhasil menghantarkan Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara menjadi Karang Taruna teladan yang telah berhasil meraih peringkat ke-1 tingkat Provinsi Aceh.

“Kami atas nama Pemerintah Aceh Utara merasa bangga perolehan prestasi tersebut, semoga ke depan dapat ditingkatkan lagi. Kita mengharapkan agar Karang Taruna dapat menyatukan persepsi pemahaman saling bersinergi dan jalin kebersamaan dengan pemerintah daerah, kecamatan dan gampong,” ungkap Muhammad Thaib akrab disapa Cek Mad.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, S.T., mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Aceh Utara, PT Pupuk Iskandar Muda dan proyek vital lainnya yang ada di Aceh Utara yang telah begitu peduli membina karang taruna di Aceh Utara.

“Kita juga berharap kepada camat dan keuchik untuk dapat membentuk karang taruna kecamatan dan gampong yang belum ada, serta dapat memberdayakannya. Sehingga nantinya pengurus dapat membantu pelaksanaan pembangunan di tingkat Kecamatan maupun gampong,” ujar Sarjani.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng, Ibnu Hajar, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung organisasinya.

“Kami berterima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Dinas Sosial P3A Aceh Utara, PT Pupuk Iskandar Muda, Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, dan Karang Taruna Kecamatan Dewantara yang telah membina kami selama ini,” katanya.

Selain itu, sebut Ibnu Hajar, tidak lupa juga kepada pemerintah Gampong Paloh Gadeng, pengurus dan anggota Karang Taruna Rincong Pusaka serta masyarakat Gampong Paloh Gadeng. Prestasi ini bukan hanya milik pihaknya, namun milik bersama. [] (ril)

 

  • Bagikan