Karyawan PT PIM Bersihkan Pantai di Bangka Jaya dan Takengon

  • Bagikan
Karyawan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menggelar kegiatan Coastal Clean UP atau pembersihan pinggiran pantai. Foto: IST
Karyawan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menggelar kegiatan Coastal Clean UP atau pembersihan pinggiran pantai. Foto: IST

LHOKSEUMAWE- Karyawan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menggelar kegiatan Coastal Clean UP atau pembersihan pinggiran pantai dan danau dari sampah organiK maupun non-organik, dalam rangka memeriahkan Peringatan Bulan K3 Nasional dan menyambut HUT PT PIM ke-40 Tahun, Minggu, 23 Januari 2022.

Coastal Cleaning Up merupakan Kegiatan yang dilakukan di ekosistem pantai yang memiliki keterkaitan erat dengan pembersihan sampah, dimana sampah merupakan bagian pencemaran lingkungan. Sasaran yang dilakukan pembersihan pantai yaitu Gampong Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, dan pinggiran danau laut tawar di Takengon kabupaten Aceh Tengah.

Sebanyak 75 relawan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, mulai dari karyawan/i PT PIM, Turun Tangan Lhokseumawe, Turun Tangan Aceh Utara, Forum Anak Dewantara, mahasiswa/i Universitas Malikussaleh dan Politeknik Lhokseumawe, Earth Hour Aceh , ASB Coffee, serta masyarakat sekitar.

Ketua BK3N 2022 PT PIM, Reza, mengatakan, laut dan danau merupakan kumpulan dari berbagai ekosistem yang di dalamnya hidup beraneka ragam biota. Hingga akhir 2021, sampah terbanyak yang ditemukan di laut masih didominasi oleh sampah plastik. Bahkan International Coastal Cleanup (ICC) merilis, pada 2019 sebanyak 97.457.984 jenis sampah dengan berat total 10.584.041 kilogram ditemukan di laut, dan sembilan dari 10 jenis sampah terbanyak yang mereka temukan berasal dari bahan plastik, seperti sedotan dan pengaduk, alat makan plastik, botol minum plastik, gelas plastik, dan kantong.

Menurut Reza, rendahnya kesadaran masyarakat yang tinggal dan melakukan aktivitas di lingkungan pesisir, menimbulkan anggapan bahwa wilayah pantai adalah tempat pembuangan sampah yang gratis, mudah atau praktis. Akibat dari pembuangan sampah sembarangan telah mengurai nilai keindahan dan kenyamanan lingkungan pantai. Oleh karena itu, pihaknya ikut andil menghasilkan sampah saatnya bertanggung jawab untuk ikut menjadi bagian dari gerakan/ kegiatan Coastal Clean Up.

Ia menambahkan, dalam kegiatan tersebut selama satu jam terkumpul 32 karung sampah ukuran 50 kg, yang didominasi sampah plastik dan residu. Melalui kegiatan ini diharapkan pantai di lingkungan sekitar PIM menjadi lebih bersih dan indah, sehingga layak untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Aceh Utara, dan juga bisa memotivasi banyak orang sekitar untuk terus melakukan kegiatan serupa untuk kebersihan dan kesehatan setempat.

Lanjut Reza, selain di pesisir pantai Bangka jaya, karyawan PT PIM juga melakukan pembersihan di area pinggir Lot Tawar Takengon, Aceh Tengah yang berada di dua titik yaitu Lot Kala Kebayakan dan dipesisir Camp Gayo Indah dalam rangka kegiatan Focus Gruop Discussion (FGD) Vice President PKBL & Humas.

Nasrun selaku koordinator lapangan, menyampaikan, bahwa kegiatan Coastal Cleaning Up yang dilakukan di dua lokasi ini merupakan implementasi nilai-nilai akhlak dari karyawan PT Pupuk Iskandar Muda, untuk menjaga lingkungan pantai dan danau yang bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat yang mendukung kegiatan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada lembaga-lembaga masyarakat yang berpartisipasi dalam memelihara dan peduli lingkungan,” ujar Nasrun. [] (ril).

 

  • Bagikan