Optimalkan Percepatan Vaksinasi, Muspika Meurah Mulia Lakukan Vaksin Masuk Desa

  • Bagikan
Foto: Polsek Meurah Mulia bersama Camat dan Puskesmas melakukan vaksinasi Covid -19 masuk desa.
Foto: Polsek Meurah Mulia bersama Camat dan Puskesmas melakukan vaksinasi Covid -19 masuk desa.

ACEH UTARA- Kepolisian Sektor (Polsek) Meurah Mulia bersama Camat dan Puskesmas melakukan vaksinasi Covid -19 masuk desa. Kegiatan ‘vaksin tamong gampong’ itu untuk mengoptimalkan percepatan vaksin, yang digelar di Gampong Ujong Reuba, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, Rabu 29 September 2021.

Serangkaian vaksinasi tersebut turut hadir Kapolsek Meurah Mulia, Ipda Sirya Iqbal, Camat Meurah Mulia, Andree Prayuda, S.STP., M.A.P., Danramil 07 Meurah Mulia, Kapten Inf. Said Zahlul Pasya. Kedatangan pihak Muspika itu disambut Keuchik Gampong Ujong Reuba, Zulkarnaini dan Sekdes, Zulfikar.

Namun, vaksinasi yang dilakukan itu sekaligus sosialisasi vaksin Covid-19 kepada masyarakat, bersamaan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk warga setempat.

Foto: Camat Meurah Mulia, Andree Prayuda, menyerahkan BLT secara simbolis kepada warga Gampong Ujong Reuba.
Foto: Camat Meurah Mulia, Andree Prayuda, menyerahkan BLT secara simbolis kepada warga Gampong Ujong Reuba.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto melalui Kapolsek Meurah Mulia, Ipda Sirya Iqbal, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini sekaligus mensosialisasikan atau memberikan pemahaman program vaksin kepada masyarakat, supaya ada kesadaran untuk mengikuti vaksinasi.

“Kita tidak memaksa masyarakat untuk divaksin, yang perlu dilakukan adalah terus memberi pemahaman kepada warga karena vaksin untuk kesehatan,” kata Sirya Iqbal.

Sirya Iqbal menambahkan, pihaknya juga memberikan pelayanan vaksin di sekolah baik Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Bahkan sebagian siswa sangat antusias mengikuti vaksin, dan sesuai persetujuan orang tua masing-masing siswa.

Menariknya, kata Sirya Iqbal, ketika dilaksanakan vaksinasi di Puskesmas Meurah Mulia, ada empat orang asal Medan, Sumatera Utara, yang mengikuti untuk disuntik vaksin. Itu merupakan kesadarannya sendiri, karena berdasarkan keterangan dari mereka bahwa di daerah Medan harus mengantre banyak orang untuk bisa mendapatkan vaksin.

“Warga asal Medan itu kebetulan teman dari salah seorang anggota (polisi) kita. Mereka menanyakan apakah di sini (Meurah Mulia) bisa mengikuti vaksin dengan lancar, setelah mengetahui itu mereka berangkat ke sini untuk segera bisa divaksin karena untuk kelancaran dalam beraktivitas atau bekerja di sana (Medan). Beginilah salah satu kesadaran masyarakat yang sangat diapresiasikan,” ungkap Sirya Iqbal.

“Tentu masih banyak yang harus dicapai untuk jumlah orang divaksin khususnya di Kecamatan Meurah Mulia. Kita terus berupaya ke depan mensosialisasikan untuk menyukseskan program vaksinasi ini kepada masyarakat,” ujarnya.

Camat Meurah Mulia, Andree Prayuda, mengungkapkan, program vaksin tamong gampong akan terus berjalan ke depan secara bertahap. Ini merupakan langkah dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah, kagiatan vaksinasi ini melibatkan petugas Puskesmas sebagai vaksinator.

“Kita berharap kepada masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan, meskipu sudah divaksin,” kata Andree Prayuda. []

 

  • Bagikan