Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Unimal Sosialisasi PPK ORMAWA

  • Bagikan
PPK ormawa, Himaika, PMI Aceh Utara, Universitas Malikussaleh, Jumat (9/9/2022).

ACEH UTARA – Kelompok Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ormawa) Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Unimal (Himaika) Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi dan pelatihan yang bertajuk “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Cot Seurani Melalui Penerapan Teknologi Rumpon Ramah Lingkungan” di balai pertemuan Balee Baroeh, Gampong Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Jum’at (9/9/2022).

Sosialisasi ini diikuti 30 orang, terdiri dari aparatur desa dan kelompok nelayan “mita lam laot”. Kegiatan ini berisikan perkenalan bahan-bahan pembuatan rumpon kepada masyarakat, bahkan praktek langsung pembuatan rumpon yang dipandu oleh mahasiswa.

Pembina Kelompok PPK Ormawa Himaika Unimal Imam Shadiqin mengatakan, kegiatan pelatihan dan sosialisasi sangat penting bagi nelayan, karena pembaruan teknologi dalam penangkapan ikan bisa meningkatkan produktivitas hasil tangkapan karena tidak susah lagi dalam penentuan area penangkapan ikan.

Kegiatan ini bertujuan mengajarkan dan mengenalkan penerapan teknologi rumpon sebagai alat bantu penangkapan ikan ramah lingkungan yang berguna dalam meningkatkan perekonomian bidang sektor perikanan tangkap.

Teknologi rumpon yang diperkenalkan merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat, khususnya yang berprofesi sebagai nelayan, dikarenakan bisa membantu masyarakat dalam mengatasi masalah perekonomian terutama dimasa kenaikan BBM yang baru baru saja terjadi.

Dengan harapan seluruh unsur masyarakat, pemerintah serta mahasiswa dapat bekerja sama dalam meningkatkan kualitas perekonomian dimasa kenaikan BBM, khususnya pada sektor perikanan dan kelautan khusus yang ada di Aceh.

Kelompok PPK ormawa Himaika Unimal, terdiri dari nahasiswa program studi Ilmu Kelautan berbagai angkatan, Muhammad Farraz dan Meutia Handayani angkatan 2018, Malik Pajar Lubis, Muhammad Tori, Rani Elok Faradiba dan Dafa Abdillah, Dea Opiani, Usnia Puada Harahap, dan Khairul Nizam dari angkatan 2020. Dibawah binaan Imam Shadiqin, selaku dosen pembina. (*)

  • Bagikan