PT PLN NP Dukung UMKM Opak dan Ketahanan Pangan Bagi warga Lhokseumawe

  • Bagikan
Camat Muara Satu Taruna Putra Satya, Pejabat Harian Manager Unit PLN NP UP Arun Yulfa Anas Khoiruddin, Manajemen PLN NP, Anggota Koramil, Polsek, Geucik Meunasah Dayah dan Kelompok Petani melakukan penanaman perdana budidaya ubi kayu (singkong) bagi warga lingkungan di Desa Meunasah Dayah, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Aceh, Senin (18/12/2023). durasi/Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Sebagai upaya pengembangan industri usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan ketahanan pangan PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit (PLN NP UP) Arun melakukan penanaman perdana budidaya ubi kayu (singkong) bagi warga lingkungan di Desa Meunasah Dayah, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Aceh, Senin (18/12/2023).

Program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN NP UP Arun menjadi langkah awal dalam mendukung produksi opak serta meningkatkan potensi perekonomian masyarakat.

Pejabat Harian Manager Unit PLN NP UP Arun Yulfa Anas Khoiruddin mengatakan, bahwa pihaknya terus berkomitmen mengembangkan perekonomian masyarakat melalui program CSR perusahaan.

“Kali ini program CSR PT PLN NP UP Arun diberikan untuk desa yang memiliki produk unggulan opak dengan bahan baku singkong. Opak ini memiliki potensi besar untuk pengembangan lebih lanjut,” kata Yulfa.

Pihak PLN NP menyediakan bantuan berupa bibit singkong untuk ditanam dengan memanfaatkan lahan tidur dan juga satu unit traktor guna mendukung pengelolaan lahan dari persiapan hingga panen serta pengolahan ubi kayu tersebut.

“Program ini direncanakan untuk terus dilakukan dengan evaluasi tahap demi tahap untuk memastikan efektivitasnya. Harapannya adalah dapat mengoptimalkan potensi di desa ini dan memberdayakan pelaku UMKM,” ujar Yulfa.

Pejabat Harian Manager Unit PLN NP UP Arun Yulfa Anas Khoiruddin, didampingi Camat Muara Satu Taruna Putra Satya menyerahkan satu unit traktor untuk kelompok Tani yang diterima langsung Geuchik Meunasah Dayah, bertujuan sebagai sokongan krusial bagi ketahanan pangan dalam budidaya ubi, pada Senin (18/12/2023). durasi/Rahmat

PLN NP tidak hanya memberikan bantuan bibit singkong, melainkan juga telah menyerahkan satu unit traktor yang bertujuan sebagai sokongan krusial bagi ketahanan pangan dalam budidaya ubi.

“Langkah ini tidak hanya menandai komitmen PLN NP dalam mendukung petani lokal tetapi juga sebagai dorongan besar dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia,” katanya.

Camat Muara Satu Taruna Putra Satya menyambut baik program tersebut, mengingat masih banyaknya lahan tidur di daerah itu dan sudah semestinya harus digarap untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

“Desa Meunasah Dayah ini memiliki produk unggulan opak dengan bahan baku singkong. Dengan program ini lahan yang selama ini tidur atau terbengkalai dapat dimanfaatkan untuk penanaman ubi,” ujarnya.

Taruna berharap program CSR dari PLN NP UP Arun tersebut dapat terus berkontribusi dalam hal-hal positif serta memfokuskan upayanya pada program-program pemberdayaan masyarakat dan ketahanan pangan di Kota Lhokseumawe secara keseluruhan dan khususnya di Muara Satu.

“Masyarakat diharapkan dapat mendukung dan mengawasi program CSR ini guna kelangsungan dan kesuksesannya. Dukungan ini diapresiasi sebagai langkah nyata dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. []

  • Bagikan