Saiful Amri Terpilih Sebagai Keuchik Matang Ben Tanah Luas

  • Bagikan
Pemilihan Keuchik di Gampong Matang Ben, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara. Foto: Dok. IST
Pemilihan Keuchik di Gampong Matang Ben, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara. Foto: Dok. IST

ACEH UTARA- Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) di Gampong Matang Ben, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, berhasil dimenangkan calon keuchik nomor urut 03, Saiful Amri yang meraih sebanyak 162 suara dari suara sah berjumlah 405 pemilih. Kegiatan pemilihan kepala desa itu dilaksanakan di meunasah (surau) gampong setempat, Senin 18 Oktkber 2021.

Pilchiksung tersebut terdapat lima calon keuchik yang maju dan bertarung dalam pesta demokrasi tingkat desa itu, yaitu Budiman (nomor urut 01), M.Ali (nomor urut 02), Saiful Amri (nomor urut 03), Anwar (nomor urut (04), dan M. Yunus (nomor urut 05).

Adapun masing-masing calon yang memperoleh suara. Di antaranya Budiman berjumlah 123 suara, M.Ali 48 suara, Saiful Amri 162 Suara, Anwar 10 suara dan M. Yunus 62 suara. Perolehan itu merupakan dari total suara sah 405 pemilih, surat suara rusak 7. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 569 orang, sehingga yang hadir memberikan hak suaranya ada 412 pemilih termasuk suara sah dan tidak sah.

Ketua Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) Gampong Matang Ben, Kecamatan Tanah Luas, Muhammad Ikbal, mengatakan, pihaknya sudah bekerja maksimal melakukan berbagai persiapan hingga tahap pencoblosan atau pemilihan keuchik. Seminggu sebelum hari pemilihan, masing-masing kelima calon diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi-misi kepada masyarakat yang dilakukan di meunasah (surau) Gampong Matang Ben.

“Jumlah DPT atau masyarakat yang menerima undangan untuk memberikan hak suaranya mencapai 569 orang, terdiri dari 264 Kepala Keluarga (KK) dan terdapat lima dusun di gampong ini,” kata Ikbal.

Namun, dalam serangkaian pemilihan keuchik tersebut, sebut Ikbal, pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Juga menjalankan sesuai anjuran pemerintah yang tertera dalam peraturan Bupati Tahun 2020, yang disebutkan tentang alat pencoblosan perorang satu paku. Kemudian, melakukan tes suhu badan bagi setiap pemilih, cuci tangan, makai masker serta menjaga jarak.

Camat Tanah Luas, Aceh Utara, Usman, melalui Kasi Pemerintahan, Faisal, menyebutkan, prosesi pemilihan keuchik itu berjalan aman, kondusif, dan lancar. Pelaksanaan pilciksung itu harus sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat guna tidak adanya penyebaran Covid-19.

“Berkat kerjasama yang baik dan kekompakan Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) dan seluruh komponen masyarakat, tahapan pemilihan keuchik Gampong Matang Ben berjalan sukses,” kata Faisal.

Oleh karena itu, Faisal berharap kepada keuchik terpilih agar ke depan harus lebih proaktif serta bersinergi dalam membangun desa bersama masyarakat, serta terus berkoordinasi dengan pihak Muspika Tanah Luas. []

 

  • Bagikan