Sambut HUT ke-77 TNI AL, Lanal Lhokseumawe Lakukan Gerakan Laut Bersih Pantai di Pesisir Kuala Simpang Ulim

  • Bagikan

ACEH TIMUR – TNI AL Lanal Lhokseumawe menggelar rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih di Pesisir Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Rabu (7/9/2022).

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah mengatakan, baksos bersih pantai ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Ke-77 TNI Angkatan Laut. Hal tersebut juga menyahuti perintah pimpinan Kasal Laksamana Yudo Margono dalam rangka menjaga dan memelihara ekosistem laut, sehingga ikan-ikan yang dikonsumsi masyarakat benar-benar nantinya akan lebih sehat.

“Kita harus menggalakkan laut bersih, karena dengan membersihkan laut dari sampah plastik dan berbagai jenis sampah lainnya akan terlihat indah dan menarik, sehingga ke depan menjadi objek wisata di daerah ini hingga dikenal ke seluruh penjuru nusantara,” kata Kolonel Marinir Dian Suryansyah.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah bersama unsur Dinas DLHK Aceh Timur, TNI/Polri, Geuchik Kuala Simpang Ulim, Panglima Laot, dan hingga warga yang tinggal di pesisir Kuala Simpang Ulim membersihkan area pesisir pantai Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Rabu (7/9/2022). durasi/Rahmat Mirza

Danlanal sebut, memilih Kuala Simpang Ulim, karena dulunya sepanjang pesisir pantai ini banyak berserak sampah plastik dan berbagai jenis sampah lainnya. Tetapi belakangan mulai bersih dan terlihat lebih terawat, karena kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan laut sudah mulai meningkat.

Diharap, ke depan pantai Kuala Simpang Ulim yang memiliki sebuah pulau yang dinamakan ‘Pulau Idaman’ itu akan menjadi objek wisata nasional. “Kuala Simpang Ulim memiliki kekayaan alam yang tidak kalah indahnya dengan lokasi wisata bahari lainnya, namun perlu dukungan semua pihak dalam memajukannya,” kata Kolonel Dian.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah bersama unsur Dinas DLHK Aceh Timur, TNI/Polri, Geuchik Kuala Simpang Ulim, Panglima Laot, dan hingga warga yang tinggal di pesisir Kuala Simpang Ulim membersihkan area pesisir pantai Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Rabu (7/9/2022). durasi/Rahmat Mirza

Kadis DLHK Aceh Timur, M Yunus menyampaikan, mewakili pemkab Aceh Timur mendukung apa yang sudah di prakarsai oleh TNI AL, yang telah memilih daerah Simpang Ulim ini sebagai tempat acara seremonial hari ini, dan kita harapkan kedepan kegiatan seperti ini terus berlanjut.

Geuchik Kuala Simpang Ulim, Idris menyampaikan, pemerintah untuk membangun jalan dan sejumlah jembatan menuju desanya, sehingga pengunjung pantai nantinya mudah dan cepat dalam mengakses lokasi wisata tersebut.

“Kami apresiasi kedatangan personel TNI-AL dengan program laut bersih di desa kami, namun harapan masyarakat agar kegiatan itu terus berlanjut dan ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang, termasuk program pemberdayaan nelayan dan masyarakat pesisir,” ujar Idris.

Usai melakukan baksos, Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Marinir Dian Suryansyah, melalui Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahriz menyalurkan puluhan zak beras sebagai bentuk bantuan dan kepedulian terhadap masyarakat dan nelayan setempat di Pesisir Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur, Rabu (7/9/2022).

Usai melakukan baksos, Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Marinir Dian Suryansyah, dan jajarannya menyalurkan puluhan zak beras sebagai bentuk bantuan dan kepedulian terhadap masyarakat dan nelayan setempat.

Danlanal Lhokseumawe, sebelumnya juga melakukan sosialisasi dan pengenalan batas-batas laut untuk nelayan dan masyarakat, sehingga menjadi pengetahuan nelayan dalam beraktivitas di laut lepas.

Dalam Gerakan Nasional Laut Bersih Lanal Lhokseumawe menggandeng unsur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Timur, TNI/Polri, Geuchik Kuala Simpang Ulim, Panglima Laot, tokoh pemuda hingga masyarakat yang tinggal di pesisir Kuala Simpang Ulim yang melibatkan lebih 100 orang.

Bhakti sosial bersih-bersih pantai dihadiri dan diikuti Palaksa Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahriz, Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal lhokseumawe, Kepala DLH Aceh Timur M. Yunus, Geuchik Kuala Simpang Ulim Idris, Panglima laut Kuala Simpang Ulim Asmir Ismail, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.[]

  • Bagikan