Sembilan Santri Aceh Utara Raih Prestasi Cabang MQK ke-II

  • Bagikan
Peserta Cabang Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) ke-II perwakilan Aceh Utara. Foto: Dok. IST
Peserta Cabang Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) ke-II perwakilan Aceh Utara. Foto: Dok. IST

BANDA ACEH- Peserta Cabang Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) ke-II perwakilan Aceh Utara berhasil meraih sembilan juara serta mendapat dana pembinaan bagi 9 santri terbaik sebesar Rp104 juta, pada malam puncak dan sekaligus penutupan, Sabtu 16 Oktober 2021, malam.

MQK ke-II Tahun 2021 tersebut digelar sejak 13-16 Oktober 2021, di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Kota Banda Aceh. Serangkaian penutupan acara itu secara resmi ditutup oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melalui Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh SDM dan Hubungan Kerjasama, Bukhari.

Gubernur Aceh dalam pidatonya yang dibacakan Bukhari, menyampaikan, pihaknya mengucapkan apresiasi kepada Bupati/Wali Kota yang telah berpartisipasi mengirimkan paserta MQK ke-II, dalam berbagai perlombaan dapat menghasilkan nilai-nilai terbaik.

“Kegiatan ini sebagai wadah silaturrahmi para santri Aceh dan mencari dai muda berbakat untuk masa depan Aceh yang lebih baik,” kata Bukhari.

Kadis Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh, Tgk. Abdullah Hasbullah, S.Ag., M.SM., mengatakan, MQK kali ini pihaknya mendapatkan dana pembinaan bagi peserta senilai Rp104 juta dan sembilan juara. Namun, menduduki peringkat keenam.

“Alhamdulillah kita bersyukur dengan segala keterbatasan bisa membawa peserta untuk berpartisipasi dalam event mulia ini, semoga ke depan kita akan membenahi kembali dan dapat tercapai target,” ujar Tgk. Abdullah.

Sementara perolehan juara untuk Aceh Utara dari sejumlah kategori perlombaan yang diikuti para peserta, yaitu kategori Marhalah Ula.

1. Tauhid Putra, Juara II
2. Akhlak Putri, Juara Harapan III

Marhalah Wustha

3. Fiqh Putra, Juara II
4. Tarikh Putri, Juara Harapan I
5. Tafsir Putra, Juara III
6. Tafsir Putri, Juara II
7. Hadis Putra, Juara III

Marhalah Ulya

8. Nahu Putra, Juara II
9. Balagah Putri, Juara Harapan I

Peringkat Juara MQK II

1. Subulussalam 64 poin (Juara Umum)
2. Kota Banda Aceh 63 poin
3. Aceh Selatan 62 poin
4. Aceh Besar 60 poin
5. Bireuen 50 poin
6. Aceh Utara 41 poin
7. Pidie 40 poin [] (ril).

 

  • Bagikan