Wamendagri John Wempi Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih kepada Masyarakat di Aceh

  • Bagikan
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada masyarakat di Aceh. doc/istimewa

BANDA ACEH – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada masyarakat di Aceh, untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktoral Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum).

Wamendagri John Wempi Wetipo menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan kepala daerah se-Aceh. Selain itu, bendera juga diserahkan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan perwakilan pelajar bertempat di Taman Sari Bustanus Salatin, Kota Banda Aceh, Sabtu (13/8/2022).

“Saya ditugaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membagikan bendera di Aceh. Pak Wamendagri ke Aceh supaya bisa dikenal oleh rakyat. Kehadirannya sebagai orang timur Indonesia di wilayah Aceh, memberikan harapan besar bahwa dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia, merupakan bagian dari NKRI. Aceh maupun Papua merupakan bagian dari kekuatan besar yang dimiliki Indonesia”, kata Wamendagri John Wempi Wetipo.

John Wempi juga mengatakan, memang saya lebih gelap kulitnya, karena saya berada di paling ujung timur Indonesia yang melihat matahari lebih duluan dari Bapak/Ibu sekalian.

Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepadanya untuk menjadi Wamendagri, turut mengokohkan keyakinan bahwa generasi muda Aceh juga memiliki kesempatan sama untuk menjadi pemimpin di Indonesia.

“Saya mewakili masyarakat dari timur Indonesia yang diberi mandat kepercayaan oleh Bapak Presiden RI, ternyata orang timur seperti saya juga diberi kesempatan oleh negara untuk bisa menjadi pemimpin bangsa di Republik ini,” ujar John Wempi.

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan upaya untuk memupuk semangat nasionalisme. Terlebih, Agustus identik sebagai bulan kemerdekaan karena pada 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari para penjajah.

Upaya membangun semangat nasionalisme itu dapat dilakukan melalui berbagai program kegiatan, termasuk salah satunya mengibarkan bendera merah putih melalui Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. “Dengan mengibarkan bendera di depan rumah kita, kita jadi teringat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Mengibarkan bendera merah putih menjadi wujud cinta masyarakat kepada negara Indonesia,” ujar Wamendagri John Wempi. []

  • Bagikan