Agum Gumelar Lantik Pengurus DPD IKAL Lemhannas Aceh

  • Bagikan
Ketua DPP Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, melantik Pengurus DPD IKAL Aceh Masa Bakti 2022-2027 di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Selasa malam, (22/11/2022). durasi/Rahmat Mirza

BANDA ACEH – Ketua DPP Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, melantik Pengurus DPD IKAL Aceh Masa Bakti 2022-2027 di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Selasa malam, (22/11/2022).

Agum Gumelar dalam sambutannya memberikan arahan kepada pengurus yang dilantik untuk menjalin kemitraan dengan Pemerintah Aceh dengan memberikan pikiran dan saran konstruktif dalam membangun Aceh ke depan yang sejahtera.

“Tentu dengan cara elegan, beretika dan santun. Bukan dengan cara turun ke jalan. Itu bukan IKAL,” ujar Agum Gumelar dihadapan Pj Gubernur Aceh, Mayor Jenderal TNI (Purn) Achmad Marzuki, Wali Nanggroe Aceh, Pangdam IM dan anggota Forkopimda Aceh dan tamu undangan.

Ketua DPP Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar. durasi/Rahmat Mirza

Agum Gumelar mengatakan, IKAL Lemhannas adalah wadah berkumpulnya pemikir handal dari berbagai elemen bangsa, akademisi, teknokrat, birokrat, pengusaha, yang memiliki potensi besar untuk turut serta dalam proses pembangunan bangsa.

Sementara itu, Ketua DPD IKAL Aceh Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA, dalam sambutan pengantarnya usai dilantik, mengatakan DPD IKAL Aceh, siap berkolaborasi dengan Pemerintah Aceh dalam membantu percepatan pembangunan dan mengentaskan kemiskinan di Aceh.

“Saat ini berbagai persoalan di daerah, mulai persoalan ekonomi, politik, lapangan kerja, kemiskinan, stanting, energi, ketahanan pangan, kehidupan beragama, adalah sederet persoalan yang terjadi di Aceh. Ini perlu solusi dan IKAL Aceh siap berkontribusi dalam menyikapi pelbagai permasalahan ini,” ujarnya.

Prof. Syahrizal, menjelaskan selama lima tahun terakhir, sejak tahun 2017, IKAL Aceh telah banyak melakukan kajian melalui seminar, diskusi, training wawasan kebangsaan. Dan salah satu ikon IKAL Aceh adalah “ngopi kebangsaan” yang sekarang sudah menjadi ikon IKAL Nasional dan telah diadopsi oleh beberapa DPD IKAL lain.

“Hasil dari kajian dan diskusi yang kita lakukan selama ini, kita buat rekomendasi untuk disampaikan ke pemerintah Aceh, IKAL Pusat, Gubernur Lemhannas dan pemangku kepentingan lainnya,” ungkapnya.

penandatanganan MOU antara IKAL Aceh dengan sejumlah mitra kerja, yaitu Ikatan alumni Pamong Praja Aceh, Paradi Aceh, dan Ikatan Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Selasa malam, (22/11/2022).

Dalam kesempatan itu pula dilakukan penandatanganan MOU antara IKAL Aceh dengan sejumlah mitra kerja, yaitu Ikatan alumni Pamong Praja Aceh, Paradi Aceh, dan Ikatan Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia.

Prof. DR. Syahrizal, terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) I DPD IKAL Aceh, berlangsung Selasa (22/11) siang, yang langsung dibuka oleh Ketua Umum DPP IKAL Lemhannas, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, bertempat di Anjong Mon Mata Banda Aceh.

Pimpinan sidang yaitu DR. Otto Nur Abdullah, dihadiri peserta yang mewakili alumni PPRA, PPS, TAPPLAI yang berada di Aceh. Musda berlangsung dalam suasana kebersamaan dan kekeluargaan sebagaimana harapan Ketua Umum DPP IKAL.

Pengurus DPD IKAL Aceh yang dilantik terdiri diri Dewan Pembina, Dewan Pengurus, yaitu Ketua Prof. DR. Syahrizal, Sekretaris Yusri Kasim, Wakil Sekretaris Denny, dan Bendahara Nazaruddin, serta dilengkapi Bidang-bidang. (*)

  • Bagikan