Anies Ajak Solidaritas Masyarakat dalam Aksi Akbar Bela Palestina di Monas, Besok

  • Bagikan
Anies Baswedan terus menyuarakan kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan keselamatan, kedamaian, dan kemerdekaan Palestina.

JAKARTA – Anies Baswedan terus menyuarakan kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan keselamatan, kedamaian, dan kemerdekaan Palestina. Bahkan, Anies langsung memberikan respons dan pernyataan 1 hari setelah terjadinya konflik antara Palestina dan Israel yang terjadi mulai 7 Oktober 2023.

Sehari kemudian, pada Minggu (8/10/2023) di Malang, Jawa Timur, Anies dengan tegas menyampaikan bahwa konflik yang kembali terjadi ini disebabkan akar masalah yang bersumber dari ketidakadilan, penindasan, dan pendudukan tanah Palestina oleh Israel.

Ketika para tokoh belum memberikan pernyataan tentang eskalasi konflik Palestina-Israel, Anies sudah mengimbau agar Indonesia dan masyarakatnya berpartisipasi aktif mewujudkan perdamaian dunia, khususnya di Palestina.

Saat itu, Anies menyatakan bahwa kedamaian bukan berarti tidak ada konflik, tetapi ditandai dengan hadirnya rasa keadilan yang harus dihadirkan di Palestina.

Sementara itu, Otoritas kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 9.061 orang, banyak di antaranya perempuan dan anak-anak, terbunuh sejak Israel memulai serangan pada awal Oktober 2023. Jumlah korban ini berpotensi terus bertambah jika konflik ini terus berlanjut.

Serangan Israel juga menghancurkan pengungsian, rumah sakit, gereja, serta memakan korban anak-anak dan perempuan. “Palestina adalah urusan kemanusiaan. Palestina adalah masalah kita semua, bukan hanya urusan Kemenlu [Kementerian Luar Negeri] saja, yang sudah menjalankan peran diplomasi dengan baik,” kata Anies.

Dia membayangkan jika semua pemuka agama di Indonesia mengajak untuk mendoakan Palestina. “Bayangkan doa ratusan juta rakyat Indonesia menggetarkan dunia.”

Dia menambahkan, jarak Indonesia-Palestina ribuan kilometer, tapi hati dan pikiran sangat dekat. “Perjuangannya untuk merdeka di masa kini terasa perjuangan kita di Indonesia untuk merdeka di masa lalu. Mari bersolidaritas di Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina hari Minggu besok di Monas,” tegas Anies.

Belum lama ini, saat kunjungan silaturahmi ke Aceh, Anies mengajak para milenial Aceh untuk ikut mendoakan keselamatan dan perdamaian di Palestina. (*)

  • Bagikan