Brigjen TNI Irham Waroihan, Tinjau Lokasi TMMD ke-116 Kodim 0111/Bireuen

  • Bagikan
Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev), Irsus Itjenad Brigjen TNI Irham Waroihan meninjau pelaksanaan Program TMMD regular 116, Kodim 0111/Bireuen Desa Sarah Sirong Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh, Selasa (30/5/2023). durasi/Yudi Wbc

BIREUEN – Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev), Irsus Itjenad Brigjen TNI Irham Waroihan meninjau pelaksanaan
Program TMMD regular 116, Kodim 0111/Bireuen Desa Sarah Sirong Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh, Selasa (30/5/2023).

Sebelum melaksanakan peninjauan kelokasi sasaran TMMD, Irsus Itjenad selaku penanggung jawab operasional TMMD ke-116, mengikuti kegiatan tatap muka dan ramah tamah bersama Forkopimda, dan masyarakat Sarah Sirong.

Ketua Tim Wasev Irsus Itjenad Brigjen TNI Irham Waroihan didampingi langsung oleh Dansatgas TMMD Kodim 0111/Bireuen, Letkol Inf Ade Munandar menyerahkan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk Amiruddin Aziz (40), di Dusun Bungong Jeumpa, dan Rumah milik Mukhlisin (38), rumah yang ditempati sebelumnya sudah hampir roboh di Desa tersebut.

Untuk kegiatan fisik, pengerasan jalan 6 km dengan lebar 5 meter, box culvert 1 titik, rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 2 unit, rehab dan pengecatan tiga unit balai pengajian. Pada kegiatan tersebut melibatkan kan kurang lebih 150 personil yang terdiri dari TNI dan dibantu Polisi dari Polres Bireuen.

Kegiatan non fisik yaitu, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya narkoba, juga terkait stunting, kesehatan, pertanian, dan peternakan, pos yandu, pos bindu, penyakit tidak menular (PTM), sosialisasi penerimaan prajurit TNI, lingkungan hidup dan kehutanan, penyuluhan hukum dan qanun, kata Irsus Itjenad Brigjen TNI Irham Waroihan kepada wartawan di Bireuen.

Irsus Itjenad Brigjen TNI Irham Waroihan selaku Ketua Tim Wasev dalam sambutannya menyampaikam, pengadaan kegiatan TMMD tidak harus menggunakan anggaran Pemerintah Daerah melainkan bisa menggunakan anggaran Desa dari kesepakatan Kepala Desa yang mengumpulkan anggaran untuk mengadakan kegiatan TMMD.

Dengan adanya kegiatan TMMD ini semoga apa yang telah dikerjakan dalam pelaksanaan TMMD yang bertempat di Sarah Sirong  Kecamatan Jeumpa dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Sarah Sirong Kabupaten Bireuen, ujar Brigjen Irham Waroihan.

Sekda Bireuen Ir Ibrahim Ahmad mengatakan, kerja sama ini melalui TMMD ke-116 kususnya di Desa Sarah Sirong, Kecamatan Jeumpa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di desa terpencil. Dengan penambahan jumlah ukuran jalan yang dilakukan oleh TNI dan masyarakat, dirinya akan menyampaikan kepada Bapak Pj Bupati kita secara pasti akan melanjutkan, apalagi itu memang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Yang kita perhatikan di sini banyak perkebunan sawit masyarakat, tanaman jagung. Tentu akan kita lanjutkan,” ujarnya. Ini salah satu upaya pemerintah daerah bersama dengan TNI untuk percepatan pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat dalam hal pertanian dan perkebunan,” kata Ibrahim Ahmad.

Turut hadir dan mendampingi Kunker Ketua Tim Wasev dilokasi TMMD Ke-116 Kodim 0111/Bireuen, WaAster Kasdam IM Letkol Inf M.Yusuf, Mayor Inf Elson Dwi Septianta, Pabanda Tata ruang Wilham Spaban III/Tahwil Sterad, Sekda Ir Ibrahim Ahmad, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bireuen, Fadhli Amir, Kepala Desa Sarah Sirong, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Se-Kecamatan Jeumpa. []

  • Bagikan