Danlanal Kolonel Laut Andi Ajak Pj Wali Kota Lhokseumawe Patroli Laut Cegah Masuk Etnis Rohingya

  • Bagikan

ACEH – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto mengajak Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Imran melakukan patroli laut dalam upaya mengantisipasi masuknya imigran etnis Rohingya ke perairan laut Provinsi Aceh.

Patroli laut melibatkan puluhan prajurit TNI menggunakan KAL Bireuen I-1-70. Upaya tersebut dilakukan menindaklanjuti masuknya imigran Rohingya sebanyak 36 orang di perairan Bireuen, Aceh, pada Senin (16/10).

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto bersama Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Imran melakukan patroli laut dalam upaya mengantisipasi masuknya imigran etnis Rohingya di perairan Lhokseumawe, Aceh, Kamis (19/10/2023). durasi/Rahmat Mirza

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, mengatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan para nelayan setempat untuk memberi informasi apabila melihat kapal-kapal asing yang mendekat di wilayah perairan Aceh.

“Kita melakukan penghalauan pengungsi, sehingga tidak diarahkan untuk memasuki wilayah laut Aceh. Maka kita minta untuk nelayan bekerjasama, agar memberikan informasi apabila melihat adanya kapal asing yang melintas di laut Aceh,” kata Kolonel Laut (P) Andi Susanto, Kamis (19/10/2023) di Perairan Lhokseumawe, Aceh.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto bersama Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Imran melakukan patroli laut dalam upaya mengantisipasi masuknya imigran etnis Rohingya dan memeriksa kelengkapan kapal, serta tidak menggunakan pukat harimau atau trawl, Kamis (19/10/2023) di perairan Lhokseumawe, Aceh. durasi/Rahmat Mirza

Menurut Kolonel Andi, aparat keamanan juga telah memperoleh informasi bahwa adanya kapal Rohingya lainnya, yang dilaporkan akan kembali memasuki wilayah perairan Aceh.

Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Imran didampingi Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto melakukan patroli laut di perairan Lhokseumawe, Aceh, Kamis (19/10/2023). durasi/Rahmat Mirza

Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Imran mengatakan, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan TNI AL Lanal Lhokseumawe melaksanakan patroli laut dalam mengantisipasi kedatangan imigran.

Kegiatan ini juga dapat mengantisipasi kejahatan lain seperti peredaran narkotika, maupun penggunaan pukat harimau atau trawl di perairan Lhokseumawe, Aceh.

Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Imran didampingi Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto melakukan patroli laut di perairan Lhokseumawe, Aceh, Kamis (19/10/2023). durasi/Rahmat Mirza

“Beberapa kejadian sudah ada di Lhokseumawe, ketika sudah dimasukkan ke tempat pengungsian tidak berapa lama mulai ada yang hilang tanpa keterangan yang jelas. Bahkan pernah diikuti memang sudah ada orang yang menampung, ini yang harus kita antisipasi,” kata Imran.

Selain melakukan patroli dan menggali informasi dari nelayan, pihaknya juga mengimbau tidak menangkap ikan menggunakan pukat trawl, karena melanggar ketentuan hukum. []

  • Bagikan