Kapal Kontainer Tabrak Jembatan Francis Scott Key di Baltimore AS

  • Bagikan
Jembatan Francis Scott Key di Kota Baltimore, Amerika Serikat, ambruk akibat ditabrak kapal kontainer, Selasa (26/3/2024) dini hari. doc/istimewa

BALTIMORE, USA – Sebuah Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, negara bagian Maryland, Amerika Serikat (AS) runtuh usai ditabrak kapal kontainer, Selasa (26/3/2024) dini hari waktu setempat. Sejumlah kendaraan yang sedang melintas di jembatan jatuh ke sungai dan petugas sedang mencari setidaknya tujuh korban hilang.

Kepala Pemadam Kebakaran Baltimore James Wallace melaporkan bahwa dua orang telah diselamatkan dari sungai, tetapi belum diketahui apakah dua orang itu termasuk tujuh orang yang awalnya dilaporkan hilang jatuh dari jembatan.

Kapal kontainer tersebut menabrak salah satu tiang Jembatan Francis Scott Key sehingga menyebabkan jembatan runtuh. Detik-detik kapal menabrak jembatan sempat terekam dan tersebar di media sosial.

Gubernur Baltimore telah mengumumkan keadaan darurat menyikapi kejadian ini. Biro Investigasi Federal AS (FBI) turut diterjunkan ke lapangan.

Perusahaan pemilik kapal itu, Synergy Marine Group mengonfirmasi bahwa kapal itu dikepalai dua mualim saat kejadian. Tidak ada laporan korban manusia dari kapal.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui bagaimana kapal kontainer tersebut bisa menabrak tiang Jembatan Francis Scott Key. Kapal ini sedianya akan berlayar ke Kolombo, Sri Lanka.

Otoritas setempat melaporkan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung. Belum diketahui berapa tepatnya kendaraan yang jatuh ke sungai.

“Semua jalur dari kedua arah di tempat insiden Jembatan Key I-695 ditutup. Lalu lintas dialihkan,” demikian keterangan Dinas Transportasi Maryland dikutip Associated Press. (*)

  • Bagikan