Pemohon Paspor di Imigrasi Lhokseumawe Ramai Berobat Ke Luar Negeri

  • Bagikan
Humas Imigrasi Lhokseumawe Rizky. durasi/Rahmat

Pelayanan paspor umum tetap berjalan seperti biasa. Sedangkan bagi orang-orang kebutuhan mendesak disediakan layanan percepatan dengan biaya ditambahkan, misalkan biaya paspornya hanya 350 ribu rupiah ditambah dengan biaya percepatan sebesar 1 juta rupiah, langsung siap sehari, kata Humas Imigrasi Lhokseumawe Rizky.

LHOKSEUMAWE – Permohonan masyarakat membuat paspor diwilayah kerja Kantor Imigrasi Lhokseumawe lebih banyak berobat, serta mengunjungi keluarganya di luar negeri dengan tujuan ke negara Malaysia.

Untuk wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Lhokseumawe ada 3 yaitu, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bireuen dan Aceh Utara.

Humas Imigrasi Lhokseumawe Rizky mengatakan, permohonan paspor ada peningkatan sejak habis pandemi dan setelah lebaran membludak, rata-rata peningkatan pemohon paspor itu mencapai 10 persen. Namun, untuk bulan Mei ini sudah kembali normal seperti hari biasanya.

“Perhari ada sekitar 60 orang yang membuat paspor. Namun, pasca lebaran pemohon paspor mengalami peningkatan hingga 100 orang. Rata-rata mereka bertujuan ke Malaysia dan Singapore untuk acara keluarga, berobat, liburan dan pendidikan. Selain itu, ada juga masyarakat yang membuat paspor untuk melaksanakan ibadah umrah dan ibadah Haji ke Tanah Suci,” kata Rizky di Lhokseumawe, Selasa (30/5/2023).

Pemohon paspor untuk melaksanakan ibadah haji, sudah kita tangani secara khusus. Kantor Imigrasi Lhokseumawe bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, baik di Aceh Utara, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Bireuen.

“Hal ini kami melakukan untuk memudahkan para masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji. Mengingat banyak jamaah haji yang sudah berumur lansia. Seperti di Kota Lhokseumawe yang sudah kami lakukan kemarin. Dimana mereka dikumpulkan di Aula MAN Lhokseumawe dan kita yang langsung mendatangi mereka untuk memproses pembuatan paspor, yang telah Kemenag tentukan,” ujar Rizky.

Pelayanan paspor umum tetap berjalan seperti biasa. Sedangkan bagi orang-orang kebutuhan mendesak disediakan layanan percepatan dengan biaya ditambahkan, misalkan biaya paspornya hanya 350 ribu rupiah ditambah dengan biaya percepatan sebesar 1 juta rupiah, langsung siap sehari.

Dengan adanya layanan percepatan, siap dalam sehari banyak masyarakat milih opsi tersebut. Karena kebutuhan mendadak berangkat berobat tiba-tiba. Kantor Imigrasi Lhokseumawe juga menyediakan layanan prioritas dan layanan aplikasi, pungkas Rizky. []

  • Bagikan