Petugas Pantarlih di Tanah Luas Aceh Utara Lakukan Pendataan Pemilih

  • Bagikan
Pantarlih melakukan pendataan pemilih ke rumah warga secara dor to dor di Kecamatan Tanah Luas. Foto: tim durasi
Pantarlih melakukan pendataan pemilih ke rumah warga secara dor to dor di Kecamatan Tanah Luas. Foto: tim durasi

ACEH UTARA- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mulai melakukan pendataan pemilih ke rumah warga secara dor to dor di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, Jumat, 17 Februari 2023.

“Assalamualaikum, buk. Boleh minta tolong keluarkan Kartu Keluarga (KK)?,” ucap Aulia salah satu petugas pantarlih saat menyambangi rumah warga di Gampong Serba Jaman, Kecamatan Tanah Luas, Jumat 17 Februari 2023.

Untuk diketahui, pantarlih merupakan petugas yang dibentuk oleh Panitia Pengumutan Suara (PPS) untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanah Luas, Mahyadiar melalui Divisi Sumberdaya, Informasi dan Pemutakhiran Data, Ibnu Umaiyah, mengatakan, pemuktakhiran data pemilih di Tanah Luas telah berjalan selama lima hari.

“Kita menargetkan pemuktahiran data pemilih rampung selama satu bulan, terhitung sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023. Untuk data yang telah masuk dari petugas di 57 gampong dalam Kecamatan Tanah Luas sementara ini sudah 20 persen,” kata Ibnu, didampingi Itarfi Tahir selaku Anggota PPK Tanah Luas.

Lanjut Ibnu, pendataan itu dilakukan mengunakan aplikasi e-Coklit. Dengan adanya aplikasi tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berharap pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Namun, kata Ibnu, terkait pengunaan aplikasi e-Coklit pihaknya kerap mendapat keluhan jaringan oleh petugas pantarlih di lapangan. Sehingga petugas terkadang harus meninggalkan rumah warga yang sedang dilakukan pendataan, karena gangguan jaringan.

“Jika data diupload (mengunggah) di rumah petugas, maka lokasi terdeteksi dari aplikasi itu hanya satu titik. Sehingga harus didata secara manual, apabila jaringan tampak normal maka dilakukan pendataan kembali di rumah warga. Tapi kendala kecil semacam itu, masih bisa ditangani oleh petugas,” ujar Ibnu Umaiyah. []

 

  • Bagikan