Dosen Unimal Edukasi Implementasi Knowledge Based Reasoning Bagi Petugas Kesehatan di Aceh Utara

  • Bagikan
Dosen Unimal Edukasi Implementasi Knowledge Based Reasoning Bagi Petugas Kesehatan di Paya Gaboh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Jumat (28/10/2022).

ACEH UTARA – Kemajuan teknologi menjadikan masyarakat harus secara terus menerus belajar untuk dapat bersinergi dengan perkembangan teknologi berbasis informasi dan pengetahuan, khususnya pengetahuan di bidang kesehatan, yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih baik.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut diketuai oleh Dosen Teknik Informatika Eva Darnila, ST., MT. Turut juga dihadiri anggota, Meriatna, ST., MT, Lis Ayu Widari, ST., MT, Maryana, S.Si., M.Si dan Zuraida, S.Ag., MA, dan juga dua mahasiswi, Cut Syahira Salsabila, Nur Faiza.

Eva Darnila, memberikan edukasi tentang Implementasi Knowledge Based Reasoning (Pengetahuan Berbasis Penalaran), kepada petugas kesehatan di Desa Paya Gaboh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Jum’at (28/10/2022).

“Khususnya Dokter saat ini masih sangat terbatas. Keterbatasan ini menjadikan teknologi sistem pakar yang merupakan salah satu cabang ilmu informatika komputer juga dapat diterapkan dibidang kesehatan.

Dengan cara menyampaikan informasi secara mudah dan mampu memberikan pengetahuan pakar yang terwakili oleh system. Salah satu isu kasus kesehatan yang dijelaskan adalah pengetahuan tentang Tuberkulosis,” kata Eva.

Antusias petugas kesehatan, kader kesehatan dan masyarakat yang hadir dan memberikan argumen, menjadikan sesi diskusi menjadi menarik, terlebih lagi pada kesimpulan akhir yang menjelaskan pentingnya teknologi pengetahuan berbasis penalaran, yang sudah dirangkum, diuji berdasarkan gejala yang dijumpai, dan menghasilkan kesimpulan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini khususnya bagi lingkungan sekitar Kampus, telah terpenuhi dengan baik, dikarenakan ketiga struktur diskusi terpenuhi secara keseluruhan yaitu isu, argument dan kesimpulan.

Kepala Pusat Kesehatan Desa Paya Gaboh, Andriani, Am.Keb menyampaikan rasa terimakasih, kepada seluruh perwakilan dari Universitas Malikussaleh yang telah datang dan memberikan informasi dan pengetahuan untuk lebih baik dalam pelayanan kesehatan. (*)

  • Bagikan